Breaking News:

Setara Harga Daging Sapi, Harga Cabai Tembus Rp 120 Ribu di Cianjur

Selama dua hari terakhir, harga cabai makin pedas dan menembus Rp 120 ribu perkilogramnya. Naiknya harga cabai dipicu beberapa faktor

Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
ILUSTRASI pasar di Cianjur 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Selama dua hari terakhir, harga cabai makin pedas dan menembus Rp 120 ribu perkilogramnya di Kabupaten Cianjur. Naiknya harga cabai dipicu beberapa faktor di antaranya cuaca dan ongkos distribusi hingga sampai ke Cianjur.

Harga cabai Rp 120 ribu terpantau di pasar kecil ruko Kecamatan Mande. Seorang pedagang pasar, Lutfi (30), mengatakan, kenaikan harga cabai sangat cepat dalam sepekan dari Rp 90 ribu menjadi Rp 120 ribu.

"Sepekan ini harganya naik terus, dari Rp 90 ribu sampai Rp 120 ribu perkilogramnya," ujar Lutfi ditemui di Pasar Mande, Selasa (23/2/2021).

Lutfi mengatakan, pembeli mau tak mau terpaksa membeli dengan harga yang tinggi tersebut.

"Tapi membelinya per ons atau seperempat kilo di tingkat eceran, jarang yang membeli perkilo," katanya.

Lutfi menduga faktor cuaca menjadikan cabai tersebut menjadi mahal. Ia mendengar banyak cabai busuk di musim hujan sehingga barang dari pemasok sedikit dan berkurang.

Pemantau harga di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, Ismail Marzuki, mengatakan harga cabai di tingkat pasar induk juga mengalami kenaikan dari Rp 90 ribu menjadi Rp 100 ribu.

Baca juga: KABAR GEMBIRA, Dibuka Rekrutmen Penerimaan Calon Taruna Akmil TNI AD 2021, Cek Pendaftaran di Sini

"Sejak tahun baru kemarin terus merangkak naik, mulai dari Rp 70 ribu harga berubah jadi Rp 90-100 ribu di Pasar Induk Cianjur," kata Ismail Marzuki.

Ia mengatakan untuk jenis cabai semua barang mengalami kenaikan. Ia tak bisa memprediksi kenaikan harga sampai kapan karena hingga saat ini pihaknya masih terus memantau perkembangan harga.

Pemandangan serupa terlihat di Pasar Cipanas. Staf pemantau harga Pasar Cipanas, Ade Sudrajat, mengatakan harga cabai di Pasar Cipanas juga mencapai Rp 100 ribu perkilogramnya.

"Barang yang dijual juga berasal dari luar Cianjur, ini menjadikan harga cabai naik karena stoknya mulai terbatas," kata Ade.

Ade juga mengatakan untuk semua jenis cabe mengalami kenaikan di Pasar Cipanas Cianjur.

Baca juga: Meski Kasus Covid-19 Menurun, Daerah Ini Pilih Perpanjang Pemberlakukan PPKM Selama Dua Pekan

"Jadi kenaikan mulai awal pekan ini. Harga di pasar tentu mencerminkan dari kelangkaan barang yang ada, faktor cuaca juga berpengaruh, kalau musim hujan begini pertanian banyak yang busuk jadi tingkat produktivitas panen juga menurun," katanya.

Ade mengatakan, harga cabai merah atau cengek domba dan hijau kini setara harga daging sapi di pasaran

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved