Breaking News:

Gempa Bumi

Diguncang Gempa Besar Tak Ada Korban Jiwa, Apakah Jepang Bisa Prediksi Gempa Bumi? Ini Penjelasannya

Kepala Bidang Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan prediksi gempa dan peringatan dini gempa hal yang berbeda.

Shutterstock/Kompas.com
Ilustrasi gempa 

TRIBUNJABAR.ID - Jepang merupakan salah satu negara yang sering mengalami gempa bumi.

Beberapa waktu lalu, Sabtu (13/2/2021), Jepang dilanda gempa besar. Negara tersebut diguncang gempa dengan magnitudo 7,3 pada tengah malam waktu setempat.

Gempa tersebut melanda daerah rawan gempa di prefektur Fukushima dan Miyagi. Gempa itu juga dirasakan hingga Tokyo sekitar 30 detik.

Menurut badan meteorologi Jepang, gempa itu adalah susulan atau aftershock dari gempa 2011 yang diikuti tsunami. Meski cukup besar, gempa kali ini tidak berisiko tsunami dan belum ada laporan korban jiwa.

Peringatan dini gempa di Jepang

Seorang warganet membagikan video saat daerah tempat tinggalnya mengalami gempa beserta tangkapan layar tentang peringatan gempa pada Sabtu (13/2/2021).

Pemilik akun Twitter @sadness_loop memperlihatkan peringatan yang muncul di layar ponselnya yang berbunyi,

"Earthquake warning. Stay calm and seek shelter nearby."

Selain itu dia juga menulis narasi berikut di twit-nya:

"Oh ya peringatan gempa ini ga butuh aplikasi apapun, selama hp mu terkoneksi dengan internet otomatis kalau ada gempa besar akan dapet notif ginian, bahkan sepersekian detik sebelum gempa datang, ya sekali lagi, Jepang.."

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved