Breaking News:

Setelah Bertemu Ridwan Kamil di Bandung, Sandiaga Uno Akan Kembali Hadiri Lima Agenda di Jabar

Sandiaga Uno mengatakan siap berkolaborasi bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mengembangkan potensi pariwisata Jawa Barat

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bukan tidak mungkin dirinya dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno akan menjadi pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan siap berkolaborasi bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mengembangkan potensi pariwisata Jawa Barat sebagai lokomotif ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Sandiaga Uno mengatakan, ia bersama Ridwan Kamil akan meninjau lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido pada Maret mendatang untuk memastikan perkembangan proyek itu berjalan lancar.

Selain itu, ada beberapa masukan yang diterimanya dari Ridwan Kamil mengenai kolaborasi program, seperti petani milenial.

"Hari ini kita bicara kolaborasi dan aktivasi dari beberapa kegiatan dan capaian setelah pertemuan kita 19 Januari. Pertama, bahwa KEK pariwisata Lido telah diresmikan dan pembangunan movieland salah satu infrastruktur pertama telah dimulai," ujar Sandiaga Uno seusai bertemu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (22/2/2021).

Kedua, katanya, Kemenkraf dan Pemprov Jabar akan bersama untuk menambah jumlah lahan untuk dikelola Petani Milenial yaitu lahan di BUMN, terutama yang bisa dikelola untuk menciptakan lebih dari 500 ribu lapangan kerja baru di kalangan anak muda.

"Jadi itu langkah kolaborasi kita dan mudah-mudahan bisa membuka lapangan kerja dan memberikan kebangkitan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Baca juga: Universitas Islam Bandung (Unisba) Raih 2 Penghargaan dari LLDIKTI Wil. IV

Ridwan Kamil berharap pertemuan tersebut bisa berlanjut kerja sama dengan baik. Pasalnya, kedua belah pihak memiliki visi yang sama dalam upaya membangkitkan ekonomi melalui industri pariwisata.

"Mudah-mudahan didukung dari skala promosi desa sampai infrastruktur, sampai berita KEK pariwisata pertama di Jabar sudah berhasil. Skala Pak Menteri bisa menasionalkan gagasan kami mudah-mudahan setelah ini kolaborasi lebih mantap," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik, mengatakan bahwa beberapa pembahasan antara Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno menyangkut program pariswisata tipe 1 sampai tipe 3. Setelah berhasil mendorong KEK di Lido, berikutnya adalah Cikidang.

"Minggu depan, pembahasan lanjutan dilakukan di Kota Bandung bersama para deputi mengenai pengembangan destinasi desa hingga destinasi lain untuk bisa naik kelas dengan dorongan Kemenparekraf kepada Kementerian PUPR," katanya.\

Baca juga: Polisi Lakukan Olah TKP Pembunuhan di Cikidang Sukabumi, Korban Dikubur di Galian Septic Tank

Dari sisi promosi, pemerintah pusat memiliki calendar of event pada tanggal 1 Maret. Sehari setelahnya, agenda milik Provinsi Jawa Barat. Sandiaga Uno sendiri, katanya, akan datang dalam lima agenda.

"Pak menteri akan menghadiri lima calendar of event yang digagas Pemprov Jabar. Ini juga kan upaya penting untuk meningkatkan pasar domestik,” ucapnya.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved