Breaking News:

Command Center di Sumedang Disebut Lebih Baik dari Kota Bandung, Ini Kehebatannya, Segera Diresmikan

Command center milik Pemkab Sumedang yang berada di Lantai III Kompleks Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang dalam waktu dekat ini bakal diresmikan.

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Command center milik Pemkab Sumedang akan diresmikan Tjahyo Kumolo, Selasa (23/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Command center milik Pemkab Sumedang yang berada di Lantai III Kompleks Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang dalam waktu dekat ini bakal diresmikan.

Rencananya command center itu bakal diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahyo Kumolo, dalam acara Sumedang Public Service and Digital Explore, Selasa (23/2/2021).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri, mengatakan, command center itu saat ini sudah siap dipakai.

"Semuanya sudah disiapkan karena command center memang sudah ready," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (21/2/2021).

Sebetulnya, kata Iwa, command center itu sudah bisa dioperasikan secara optimal sejak Desember 2020. Tetapi alat tersebut resmi bisa digunakan setelah ada peresmian.

"Sekarang tinggal peresmian," kata Iwa.

Baca juga: Tarsimah Serba Kekurangan, Cuma Bisa Dengar Tetangga Ramai-ramai Beli Mobil Setelah Jadi Miliarder

Baca juga: Kepala Sekolah Tewas Saat Apel ke Rumah Selingkuhan yang Sudah Bersuami Akibat Digebukin Warga

Kepala Bidang Informatika Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang, Mamat Rohimat, menambahkan, kelebihan dari command center ini adalah selain untuk pemantauan CCTV, juga menampilkan aplikasi untuk penilaian pegawai di lingkungan Pemkab Sumedang.

"Ada penilaian pegawai, dari mulai sekda sampai staf golongan I, itu ada urutannya dari satu sampai terakhir. Jadi untuk memutuskan pegawai terbaik ada di situ, tidak usah ada testing-testing lagi," ujarnya.

Kelebihan lainnya, lanjut Mamat, adalah adanya aplikasi e-office, sistem penanggulangan stunting, perizinan, pariwisata dan lainnya. Semua fungsi itu, kata Mamat, nantinya akan diperlihatkan kepada menteri dalam kunjungannya.

"Jadi command center ini akan menampilkan data yang menjadi dasar untuk Pak Bupati, Pak Wabup, mengambil keputusan untuk meningkatkan pembangunan di Sumedang," kata Mamat.

Bahkan, kata dia, kelebihan pada command center milik Pemkab Sumedang ini lebih banyak dibanding milik kota-kota besar seperti Surabaya, Kota Bandung, dan Semarang.

Baca juga: Tanah Longsor Terjadi di Saguling Bandung Barat, Akses Jalan Menyepit, Kendaraan Lewat Bergantian

Baca juga: Nissa Sabyan Didandani Ririe Fairus Biar Terlihat Cantik, Namun Kini Malah Rebut Suaminya

"Sesuai dengan pengalaman saya beberapa kali studi banding ke Kota Bandung, Surabaya dan Semarang itu command center-nya hanya sebagai tempat pemantauan CCTV saja," ucapnya.

Ia mengatakan, CCTV di command center tersebut tetap ada, tapi tidak jadi prioritas. Menurut Mamat, prioritasnya adalah penyajian data yang sifatnya mempermudah pengambilan kebijakan pemerintah. (*)

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved