Breaking News:

Tebing Runtuh, Jalur Ciamis-Cirebon Terputus 13 Jam, Pengguna Jalan Waspada Longsor Susulan

Tebing runtuh di ruas jalan nasional Ciamis-Cirebon mengakibatkan jalur tersebut terputus selama 13 jam

istimewa
Tebing runtuh di ruas jalan nasional Ciamis-Cirebon mengakibatkan jalur tersebut terputus selama 13 jam 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Arus lalu lintas Ciamis-Cirebon sempat tersendat selama 13 jam menyusul tertimbunnya ruas jalan nasional tersebut di Blok Cihayam Dusun Sukahurip  Rt 03 RW  10 Desa Winduraja Kawali, Kamis (18/2) pukul 00.30 dinihari.

Ruas jalan penghubung Jalur Pantura dan Jalur Selatan tersebut  tertimbun longsor tebing sepanjang 20 meter, lebar 8 meter dengan ketinggian puing longsor mencapai 5 meter.

Longsor tebing terjadi menyusul hujan lebat dengan intensitas tinggi hampir setiap hari mengguyur Ciamis.

Baca juga: GEMPA 5,1 Baru Saja Mengguncang Bengkulu Menjelang Magrib, Berpusat di Laut, Ini Unggahan BMKG

Runtuhan tebing menimbun seluruh lebar badan jalan sehingga tidak bisa dilewati kendaraan apapun, termasuk sepeda motor.

“Tadi pagi sekitar pukul 06.00 saya ke lokasi, longsor menutup lebar badan jalan sehingga semua kendaraan tidak bisa lewat. Termasuk sepeda motor. Banyak kendaraan yang tertahan di jalur lokasi longsor,” ujar H Endang Sutresna, warga Desa Winduraja Kawali yang juga pensiunan Kadishub Ciamis kepada Tribun Kamis (18/2).

Kami pagi itu juga puing longsor menimbun ruas jalur Ciamis-Cirebon di Blok Cihayam tersebut disingkirkan dengan menggunakan 2 alat berat.

“Tadi sekitar pukul 14.00, arus kendaraan sudah mulai lewat. Tapi pukul 15.00 sempat ditutup lagi karena hujan lebat turun, takut terjadi longsor susulan Kondisi lokasi masih labil,” katanya.

Baca juga: Penting Diketahui! Ini Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan untuk Menyelamatkan Diri Saat Gempa Bumi

Namun pukul 16.00 Kamis sore tersebut menurut H Endang, arus kendaran kembali dibuka.

“ Pukul 16.00 arus kendaraan sudah kembali lancar, hujan sudah reda. Bahkan dua alat berat juga sudah ditarik, barusan lewat depan rumah,” ujar H Endang.

Meski puing longsor sudah berhasil dievakuasi, namun menurut H Endang dikhawatirkan terjadi longsor susulan. Mengingat di lokasi tidak hanya labil tapi diatasnya ada kolam dan saluran irigasi.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved