Pencipta Lagu Sunda Ini Menangis Melihat Kondisi Syam Permana, Sempat Tak Percaya Saat Bertemu

eberadaan Syam Permana yang tinggal di Kampung Babakan Jawaengan dengan segala keterbatasan, baru diketahui oleh seorang pencipta lagu Sunda.

Penulis: Fauzi Noviandi | Editor: Giri
tribunjabar/fauzi noviandi
Syam Permana. Kondisinya memprihatinkan padahal lagu ciptaannya dinyanyikan penyanyi-penyanyi terkenal. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kota Sukabumi, Fauzi Novandi

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Keberadaan Syam Permana yang tinggal di Kampung Babakan Jawa RT 42/18 Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, dengan segala keterbatasan, baru diketahui oleh seorang pencipta lagu Sunda.

Pencipta lagu Sunda tersebut adalah De Mulyadi (44) atau yang sering dipanggil Genta Gemiri warga Kampung Karangtengah RT 04/9 Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

"Awalnya Pak Syam Permana menemui Sandi Sulung pencipta lagu Bang Toyib yang tinggal di Kecamatan Sukaraja. Kemudian Sandi Sulung memberikan alamat saya ke beliau," kisah Genta saat ditemui di rumah Syam Permana, Senin (1/2/2021).

Syam Pertama kemudian mendatangi rumah Genta. Namun Genta belum memercayai bahwa Syam Permana merupakan seorang pencipta lagu danggdut yang telah dinyanyikan beberapa artis terkenal di Indonesia, seperti Imam S Arifin, Ine Sinthya, Joni Iskandar, dan Mega Mustika, hingga Inul Daratista.

Ibu Rumah Tangga Ditangkap Polisi, Kerja di Tempat Rental Sepeda Motor, Eh Malah Digadaikan

Angka Kasus Kematian karena Covid-19 di Pangandaran Bertambah Lagi, Sempat Jalani Isolasi Khusus

De Mulyadi atau Genta Gemiri prihatin dengan kehidupan Syam Permana.
De Mulyadi atau Genta Gemiri prihatin dengan kehidupan Syam Permana. (Tribun Jabar/Fauzi Noviandi)

Dia tidak langsung percaya kalau itu Syam Permana karena melihat kondisinya yang tidak menyakinkan.

Bahkan untuk menemui Sandi Sulung, Syam Permana yang sudah sepuh itu bejalan kaki dari rumahnya di daerah Desa Sukaresmi ke Kecamatan Sukaraja yang berjarak sekitar belasan kilometer

"Saya baru percaya setelah Pak Syam menyebutkan beberapa judul lagu dan menyanyikannya dan menunjukkan kartu anggota Karya Cipta Indonesia (KCI)," tuturnya.

Selain itu, karena dia juga merupaka seorang penulis lagu, Genta meminta Syam Permana untuk mencarikan nada untuk lirik buatannya. Dalam waktu kurang dari satu jam Syam Permana menemukan nada yang diinginkannya.

"Setelah itu saya yakin bahwa Pak Syam Permana ini memang benar pencipta lagu yang dinyanyikan beberapa artis terkenal. Mulai dari situ kita berdua sering menggarang lagu bersama dan sudah ada beberapa lagu yang jadi," jelas Genta.

Jalan di Kota Bandung Tak Hanya Ditutup Malam Hari Kalau Kasus Covid-19 Terus Meningkat

Cerita Supriyanto Tinggal di Rumah Bekas Kandang Sapi Sudah Delapan Tahun, Fotonya Viral di Facebook

Namun ada perasaan simpati dan iba yang menyetuh hati Genta setelah dirinya mengunjungi kediamanan Syam Permana yang penuh dengan segala keterbatasan. Padahal karyanya sudah didengar jutaan masyarakat Indonesia.

"Sungguh sangat prihatin melihat keadaan rumah, dan kondisi beliau yang sangat serba kekurangan. Bahkan untuk memenuhi kehidupan sehari-harinya dia bekerja serabutan seperti menjadi buruh,  yang mendapatkan uang sebersar Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribu per har. Itu pun kalau ada pekerjaan," ucap Genta sambil berlinang air mata.

Bahkan dia sempat meneteskan air mata ketika mengetahui kedua anaknya yang masih sekolah di bangku SD dan SMP tidak bisa mengikuti pembelajaran secara daring karena tidak memiliki handphone Android.

Satpol PP Cianjur Peringati Peternakan Ayam Pedaging, Beri Waktu 15 Hari untuk Lengkapi Izin

Kini Genta dan Syam Permana yang didampingi sejumlah pengacara tengah melakukan usaha agar hak sang pencipta lagu dangdut yang dinyanyikan artis ternama itu dapat terpenuhi. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved