Breaking News:

Longsor di Sumedang

Berusaha Buat Pengungsi Betah, Lima Posko di Lokasi Longsor Cimanggung Sudah Dipasang Wifi

Pemasangan wifi ini juga tujuannya agar penyampaian sumber informasi kepada masyarakat terkait penanganan longsor tersebut bisa lebih cepat

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Kondisi di Posko Pengungsian Taman Burung Perumahan SBG. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Sebanyak lima posko di sekitar lokasi longsor Kampung Bojongkondang, RT 3/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang sudah dipasang jaringan wifi.

Kelima titik yang sudah dipasang wifi tersebut yakni, posko utama SMAN Cimanggung, posko pengungsian Lapang Taman Burung Perumhan SBG, Madrasah Fatimah Azzahra, SDN Cipareuag dan Madrasah Al Hidayah.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri, mengatakan, tujuan dipasang wifi tersebut supaya warga yang mengungsi bisa merasa betah.

"Selain itu, tujuannya untuk memudahkan dan mempercepat dalam memantau situasi terkini. Baik itu jumlah pengungsi, bantuan dan hal yang berkaitan dengan penanganan bencana ini," ujar Iwa kepada Tribun Jabar, Minggu (24/1/2021).

Selain itu, kata Iwa, dalam pemasangan wifi ini juga tujuannya agar penyampaian sumber informasi kepada masyarakat terkait penanganan longsor tersebut bisa lebih cepat, efektif, dan datanya bisa valid.

"Kita pasang wifi di lima titik lokasi, semuanya dari pentahelix PT Telkom," katanya.

Iwa mengatakan, semua jaringan wifi tersebut saat ini sudah bisa digunakan, bahkan pihaknya juga bakal menambah kekuatan jaringannya karena lebih banyak digunakan untuk video conference (vicon).

Baca juga: Jawa Barat Siap Kirimkan 253.640 Vial Vaksin Covid-19 untuk Vaksinasi Suntikan Kedua

"Untuk yang dua titik, SD Ciapreuag dan Madrasah Al Hidayah menggunakan modem karena tidak ada jaringan," ucap Iwa.

Sedangkan untuk di tiga titik lainnya, posko utama SMAN Cimanggung, Lapang Taman Burung Perumhan SBG, Madrasah Fatimah Azzahra sudah terdapat jaringannya.

"Kebetulan di tiga titik itu jaringannya memang ada, jadi tinggal dipasang (wifi). Kalau di dua titik lainnya harus menggunakan modem karena di lokasi itu tidak ada jaringan," katanya.

Baca juga: Jirayut Sekarang dan Dulu Beda Banget, Ini Foto Host Indosiar Itu Saat Awal ke Indonesia, Dia Kangen

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved