Breaking News:

Ada Sekolah di Padang Paksa Siswi Nonmuslim Berjilbab, Alissa Wahid: Tak Boleh Dipaksa dan Dilarang

Tokoh Nahdlatul Ulama yang juga putri Gus Dur, Alissa Wahid, mengecam adanya dugaan pemaksaan pemakaian jilbab  di satu sekolah di Sumatera Barat.

Editor: Giri
Kompas.com
Alissa Wahid turut bersuara tentang adanya kasus pemaksaan berjilbab bagi siswi nonmuslim di satu dekolah di Padang, Sumatera Barat. 

TRIBUNJABAR.ID, PADANG - Tokoh Nahdlatul Ulama yang juga putri Gus Dur, Alissa Wahid, mengecam adanya dugaan pemaksaan pemakaian jilbab  di satu sekolah di Sumatera Barat.

"Sepertinya Kemdikbud harus lebih kuat menegaskan bahwa ekosistem pendidikan milik Negara tidak memaksakan jilbab untuk murid non muslim dan bahkan juga muslimah. Sebaliknya, juga tidak boleh melarang penggunaan jilbab bagi yang menginginkannya," tulis Alissa Wahid di akun Twitter.

"Sekolah milik negara di wilayah mayoritas muslim, tidak bisa atas namakan menghormati mayoritas lalu memaksa murid berjilbab. Sekolah di wilayah mayoritas non muslim, tidak boleh memaksa murid melepas jilbab. Hak warga atas pendidikan tidak dibatasi oleh pakaiannya."

"Jangan naif melihat pemaksaan/pelarangan jilbab di sekolah hanya urusan pakaian. Di balik itu ada trend penabalan ideologi mayoritarianisme & eksklusivisme beragama. Dan ujungnya bukan hanya soal pakaian atau soal perempuan, tapi akan sampai ke soal kehidupan kebangsaan," tulis Alissa.

Kepala SMK Negeri 2 Padang akhirnya menyampaikan permintaan maaf terkait beredarnya informasi tentang aturan kewajiban seluruh siswa di sekolahnya yang diharuskan mengenak jilbab, termasuk siswi nonmuslim.

Sebelumnya, viral video perdebatan diduga pihak sekolah dengan wali murid tersebut beredar viral di media sosial.

Video itu diunggah oleh akun Facebook Elianu Hia yang diduga sebagai wali murid yang dipanggil pihak sekolah.

 

Dalam video itu tampak pihak sekolah dan wali murid beradu argumen soal penggunaan jilbab di sekolah.

Orang yang diduga wali murid mempertanyakan dasar aturan jilbab.

Baca juga: Daftar Gunung di Indonesia yang Statusnya di Atas Normal, Masyarakat Diimbau Tidak Panik

"Lagi di sekolah SMK Negeri 2 Padang, saya dipanggil karena anak saya tidak pakai jilbab. Kita tunggu aja hasil akhirnya. saya mohon di doakan ya," tulisnya dalam keterangan video itu.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved