Breaking News:

Harga Daging Sapi Terus Bergerak Naik, Pengusaha Abon Sapi Khas Ciamis Kebingungan

Perajin abon sapi khas Ciamis mulai kebingungan menyusul kenaikan harga daging sapi  yang terjadi terus menerus.

Tribun Jabar/Andri M Dani
Perajin abon sapi khas Ciamis 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Perajin abon sapi khas Ciamis mulai kebingungan menyusul kenaikan harga daging sapi  yang terjadi terus menerus.

Tapi masih untung, pedagang daging sapi di Tasikmalaya dan Ciamis masih tetap berjualan dan tidak mogok.

“Awal bulan harga daging (sapi) naik dari Rp 115.000/kg jadi Rp 118.000/kg. Seminggu ini sudah Rp 120.000/kg,” ujar Novi Mustika Dewi, pengusaha dendeng dan abon sapi khas  “Rajawali” dari sentra produksi abon dan dendeng sapi Rancapetir Ciamis kepada Tribun, Kamis (21/1/2021).

Setiap 2 atau 3 hari sekali menurut Novi, ia belanja daging sapi dengan kualitas khusus dan segar ke bandar di Pasar Cikurubuk Tasikmalaya.

“Kalau lagi normal, belanjanya sekali 2 atau 3 hari . Bila sepi, belanjanya sekali 4 atau 5 hari. Tiap belanja sekitar 80 kg sampai 100 kg daging ,” katanya.

Baca juga: Bukit Sagara, Tempat Wisata Baru di Sukabumi, Bisa Memandang Laut Lepas Sambil Menikmati Durian

Untung saja, ketersediaan daging sapi sebagai bahan baku pembuatan abon dan dendeng tersebut masih tersedia. Karena bandar dan pedagang  daging sapi di Pasar Cikurubuk tersebut tetap berjualan, dan tidak mogok.

“Di Cikurubuk tidak mogok. Sampai hari ini masih tetap jualan. Masih bisa belanja,” ujar Novi.

Meski harga daging sapi naik, dan dikhawatirkan akan terus naik menurut Novi, ia belum berniat untuk menaikan harga abon maupun dendeng.

“Di situlah bingungnya. Kalau harga abon dinaikkan, khawatir pembeli berkurangnya. Sampai hari ini harga abon masih tetap, tidak naik, dengan harapan omset penjualan tetap stabil,” harap Novi.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved