Breaking News:

Longsor di Sumedang

27 Korban Longsor di Cimanggung Belum Ditemukan, Itu Data Sementara

Tim SAR Gabungan menduga ada 27 korban yang belum ditemukan akibat tertimbun longsor di Kecamatan Cimanggung.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansah, mengatakan, Tim SAR Gabungan menduga ada 27 korban yang belum ditemukan akibat tertimbun longsor di Kecamatan Cimanggung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUMJABAR.ID, SUMEDANG - Tim SAR Gabungan menduga ada 27 korban yang belum ditemukan akibat tertimbun longsor di Perum Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, RT 03/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansah, mengatakan, 27 korban tersebut berdasarkan data sementara yang diterima oleh Tim Sar saat melakukan pendataan dan informasi dari polisi serta pihak keluarga yang melaporkan kehilangan saat di lokasi kejadian longsor.

"Kami baru dapat data itu dari Bapak Kapolres dan diperkuat oleh Pak Sekda bahwa ada 27 orang yang belum ditemukan sesuai keterangan dari warga yang melapor di posko," ujarnya saat ditemui di poskonya, Minggu (10/1/2021) malam.

Baca juga: Berita Tentang Anggota Basarnas Menjadi Korban Longsor di Cimanggung Ternyata Tidak Benar

Baca juga: Kisah Ukar, Kakek 80 Tahun Selamat dari Longsor Sumedang, Tertimbun 5 Jam, Disebut Rahasia Allah

Menurutnya, 27 orang tersebut kemungkinan tertimbun saat terjadi longsor susulan karena saat itu banyak masyarakat yang berada di lokasi longsor tersebut.

"Pada pukul 19.30 terjadi longsor susulan dan menyebabkan bertambahnya jumlah korban," kata Deden.

Deden mengatakan, hingga Minggu (10/1/2021) malam, total korban yang berhasil dievakuasi berjumlah 13 orang dalam keadaan meninggal dunia dan 21 korban lainnya selamat.

Petugas saat menyingkirkan material longsor menggunakan alat berat di Perum Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, RT 03/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Minggu (10/1/2021).
Petugas saat menyingkirkan material longsor menggunakan alat berat di Perum Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, RT 03/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Minggu (10/1/2021). (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Jadi, kata Deden, korban yang masih dalam pencarian berjumlah 27 orang dengan perincian 6 sesuai data awal dan penambahan 21 sesuai dengan laporan masyarakat ke posko.

"Sementara pencarian (korban longsor) dihentikan sementara dan akan dilanjutkan esok hari karena kondisi cuaca di lapangan tidak memungkinkan," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved