Breaking News:

Disporaparbud Minta Warga Setempat Peka Gali Potensi Ekonomi dari Objek Wisata di Purwakarta

Sejak beberapa tahun terakhir sektor pariwisata di Purwakarta mulai menunjukkan perkembangan yang baik

Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Kawasan Wisata Jatiluhur Purwakarta 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Sejak beberapa tahun terakhir sektor pariwisata di Purwakarta mulai menunjukkan perkembangan yang baik, sehingga perlu dimanfaatkan menjadi peluang bagi warga guna meningkatkan perekonomian mereka.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta, Heri Anwar.

Dia mengaku saat ini pihaknya terus berupaya mendorong masyarakat yang di wilayahnya ada objek wisata untuk lebih peka menggali potensi ekonomi yang dapat menyejahterakan warga.

"Potensi-potensi ini harus dikelola secara maksimal baik oleh pemerintahan desa maupun masyarakatnya. Jika sektor wisata bisa dikelola dengan maksimal maka dipastikan akan berimplikasi pada perekonomian warga di desa itu," ujarnya, Rabu (6/1/2021).

Baca juga: Waspada Kulit Wajah Tampak Lelah Akibat Penuaan Dini, Begini Cara Mengatasinya

Upaya yang telah dilakukan Disporaparbud dalam hal ini, kata Heri, dengan melakukan sosialisasi dan pembinaan langsung ke warga, mendorong warga untuk lebih kreatif, seperti mengembangkan ekonomi kreatif.

"Kami sejauh ini terus kuatkan komunikasi dengan warga terkait pengembangan wisata, melalui program village preneurship dengan tujuan menyinergikan program pusat, daerah, sampai desa dalam hal pemetaan potensi wisata," ujarnya.

Kemudian, lanjut Heri, dari sisi promosi wisata, pemda turut menggandeng kelompok-kelompok penggerak pariwisata (kompepar) yang ada di wilayah setempat.

Baca juga: Robert Alberts Kritisi PSSI yang Terus Menggelar Rapat Tanpa Ada Kejelasan Kompetisi

Saat ini, Heri menyebut sudah ada delapan kompepar yang terlibat dalam pengembangan pariwisata di Purwakarta.

"Kami di masa pandemi pun terus sosialisasi soal informasi dan antisipasi ke warga mengenai corona dengan meminta ke seluruh pengelola wisata lebih memperhatikan fasilitas kebersihan bagi pengunjungnya, seperti menyediakan tempat cuci tangan di lokasi wisata," ucapnya. 

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved