Breaking News:

Mau Liburan ke Kuningan? Pengunjung Hotel Tak Wajib Bawa Surat Rapid Antigen, Kamar Masih Tersedia

Mau liburan ke Kuningan? Pengunjung hotel tak wajib bawa hasil rapid test antigen.

ahmad ripai/tribunjabar
Objek Wisata Curug Landung di Blok Palutungan Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kuningan, Rabu (24/6/2020). Okupansi hotel di libur Natal dan tahun baru 2021 di Kuningan turun. Padahal pengunjung tak wajib bawa hasil rapid test antigen. 

Laporan Kontibutor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN - Okupansi hotel di Kabupaten Kuningan di momen libur Natal dan tahun baru mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Di antaranya terjadi pandemi Covid-19 yang belum berakhir jadi penyebab menurunnya okupansi," ucap Isan Darmawan sekaligus pengurus PHRI Kabupaten Kuningan saat dikonfirmasi awak media,Kamis (31/12/2020).

Isan mengatakan okupansi hotel di Kuningan pada libur Nataru tahun 2020 ini mengalani penurunan sekitar 12 persen dibanding tahun 2019.

Baca juga: Pemkot Bandung Pastikan Tak Ada End Year Sale di Mal Saat Malam Tahun Baru

Baca juga: Kecelakaan Maut di Tol Cipali KM 111 Pagi Tadi, Kakak dan Adik Tewas, Ini Identitas Korban

"Iya ada sekitar 12 persen. Okupansi hotel di Kuningan (liburan tahun baru kali ini) 55 persen sedangkan tahun sebelumnya 67 persen," kata dia.

Melihat kebiasaan di luar masa pandemi Covid19 ini, kata dia, merupakan momen libur Nataru dan menjjadi hajat besar para pengusaha hotel.

"Apalagi di masa adapatasi kebiasaan baru beberapa hotel di Kuningan telah lulus dan tersertifikasi CHSE (Cleanlines, Healthy, Safety, Environment) dari Kemenparekraf," ucap Isan sekaligus GM Hotel Grand Cordela di Jalan Siliwangi, Kuningan.

Sertifikat CHSE itu tentu Hotel Grand Cordela dan beberapa hotel di Kuningan dikatakan lulus dan tersertifikasi CHSE dengan hasil sangat memuaskan melalui serangkaian audit.

"Sertifikat itu bisa menjadi kekuatan kami bahwa hotel di Kuningan aman untuk staycation di tengah situasi sekarang," katanya.

Menyinggung soal tamu atau pengunjung, hotel-hotel di Kuningan tidak mewajibkan membawa surat hasil rapid antigen.

"Namun demikian, alasan itu belum bisa mendongkrak okupansi di momen libur Nataru ini," katanya.

Mengenai larangan perayaan malam tahun baru, GM Cordela ini memastikan hotel di Kuningan akan mengikuti kebijakan tersebut dengan tidak mengadakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

"Kami ikuti dan taat pada kebijakan pemerintah, tapi melihat pengalaman di tahun pergantian malam tahun baru itu biasanya ada acara barbeque, live music, kembang api yang kita jual secara paket include penginapan, tapi sekarang tidak ada sama sekali. Kami ikuti kebijakan pemerintah," katanya.

Baca juga: Sebelum Ganti Tahun, Baca Doa Akhir Tahun 2020 & Doa Awal Tahun 2021, Panjatkan Setelah Salat Magrib

Baca juga: Catat! Ini Daftar Tarif Iuran BPJS Kesehatan per 1 Januari 2021, Cek Biaya Kelas I, II, dan III

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved