Breaking News:

Virus Corona

Waspada, Kasus Baru Covid-19 di Indonesia Bisa Mencapai 80 Ribu Per Hari

Informasi mengejutkan disampaikan Imperial College London. Mereka menyebut penambahan kasus Covid-19 di Indonesia bisa mencapai 80 ribu kasus per hari

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas medis melakukan swab test mengambil sampel cairan dalam hidung salah seorang wartawan di GOR Saparua, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. Kegiatan swab test khusus untuk wartawan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu, bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan wartawan. 

TRIBUNJABAR.ID-Informasi mengejutkan disampaikan Imperial College London di Our World in Data. Berdasar pemodelan yang mereka lakukan, potensi penambahan kasus Covid-19 harian di Indonesia bisa menjadi sangat tinggi. Jumlahnya bisa mencapai 80.000 per hari.

Melalui pemodelan itu, mereka juga mengungkap bahwa estimasi penambahan kasus Covid-19 di Tanah Air bisa jauh lebih tinggi, mencapai 126 ribu kasus per hari, sementara estimasi terendah 42 ribu kasus.

Kementerian Kesehatan, sebagaimana dikuti dari situs resminya, Selasa (29/12), menyebut total mereka yang terpapar Covid di Indonesia hingga Senin (28/12) sore sudah mencapai 719.219 orang, atau bertambah 6.854 orang dari hari sebelumnya.

Di sisi lain, pasien sembuh juga mengalami pertambahan sebanyak 6.302 orang menjadi 589.978 orang. Namun, pasien Covid yang meninggal juga mengalami penambahan sebanyak 215 orang menjadi 21.452 orang.

Untuk menekan penambahan kasus baru Covid ini, epidemiolog Indonesia di Griffith University, Dicky Budiman, seperti dilansir kompas.com, mengatakan langkah pengendalian di hulu menjadi cara yang paling penting yang harus terus dilakukan oleh pemerintah.

Upaya 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan, ujarnya, harus dilakukan secara simultan dengan peningkatan kapasitas tes, lacak, dan isolasi atau perawatan.

Pemerintah juga harus berani memutuskan untuk melakukan pembatasan sosial seluruh Jawa untuk mencegah lonjakan kasus semakin besar. Sebab, ujarnya, penambahan kapasitas rumah sakit dinilai tetap tidak akan menampung kebutuhan pasien jika penularan terus membesar. (*)

Catatan Redaksi:

Bersama-kita lawan virus corona.

Tribunjabar.co.id (Tribunnetwork) mengajak seluruh pembaca untuk selalu
menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M (memakai masker, rajin mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak).

Penulis: Arief Permadi
Editor: Arief Permadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved