Breaking News:

Sering Terjadi Kecelakaan di Tol Cipularang, Ini Tip Berkendara Aman di Libur Natal dan Tahun Baru

Ruas tol mulai perbatasan Purwakarta dengan Karawang hingga Padalarang, Bandung Barat, memang miliki intensitas kecelakaan cukup tinggi.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Giri
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Ilustrasi - Kondisi truk kontainer yang kecelakaan di ruas Tol Cipularang KM 91.800 A, Rabu (23/12/2020) pukul 10.30 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Belakangan ini serng terjadi kecelakaan di Ruas Tol Cipularang.

Ruas tol mulai perbatasan Purwakarta dengan Karawang hingga Padalarang, Bandung Barat, memang miliki intensitas kecelakaan cukup tinggi.

Biasanya juga, kecelakaan yang terjadi kecelakaan tunggal, tabrak belakang, atau bahkan lebih fatal kecelakaan beruntun yang sampai menewaskan banyak orang.

Kepala Induk PJR Tol Cipularang, AKP Stanlly Soselisa, mengatakan seluruh jalur Tol Cipularang rawan kecelakaan. Untuk itu, dia minta pengendara selalu waspada.

AKP Stanlly mengungkapkan kecelakaan kerap terjadi mulai KM 100 B (Bandung arah Jakarta) hingga Gerbang Tol Kalitama dan sebaliknya jalur A, mulai KM 97 hingga Cikamuning KM 116.

"Jalur B miliki medan yang berbahaya, seperti antara KM 100 sampai GT Kalitama. Kondisi jalan di beberapa titik miliki turunan curam dan tikungan tajam. Begitu pun sebaliknya, kondisi nyaris sama," katanya, Minggu (27/12/2020).

AKP Stanlly mengimbau kepada para pengendara di musim libur Natal dan tahun baru ini untuk berhati-hati pada kondisi terbentuknya lapisan air antara ban mobil dengan permukaan jalan akibat sisa air hujan yang menggenang.

Baca juga: Jalur Puncak Ditutup 12 Jam di Malam Tahun Baru, Ini Jalan Alternatif yang Bisa Anda Pilih

Baca juga: VIRAL, Detik-detik Bom Molotov Dilemparkan ke Masjid di Cengkareng, Tertangkap Kamera CCTV

"Intensitas hujan sekarang cukup tinggi. Kecepatan kendaraan harus dikurangi maksimal 80 kilometer per jam dan minimal 60 kilometer per jam," ujarnya.

AKP Stanlly juga memberikan tip untuk menghindari tabrak belakang yakni dengan cara menjaga jarak aman dengan kendaraan laim yang berada di depannya antara 50 sampai 100 meter. Selain itu tak membiarkan konsentrasi pengemudi terganggu dan pastikan bisa melihat dengan jelas.

Baca juga: Apakah Ejakulasi Tiap Hari Sehat bagi Tubuh? Ini Penjelasan Ahli, Jangan Percaya Mitos

"Paling penting berdoa dan jangan memaksakan mengemudi dalam kondisi lelah atau mengantuk. Beristirahatlah sejenak di rest area yang ada di sepanjang Tol Cipularang," ujarnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved