Breaking News:

Kondisi Terkini Longsor di Simpenan Sukabumi, Jalan Sudah Mulai Bisa Dilalui

Ada tiga alat berat yang dikerahkan untum mengevakuasi material longsor. Pihaknya juga mengimbau kepada warga untuk terus berhati-hati

Tribun Jabar/ M Rizal Jalaludin
Material longsor yang menutup badan jalan Loji - Kiaradua di perbatasan antara Kampung Cimapag dan Kampung Gunung Buleud, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumo, Jawa Barat sudah berhasil dievakuasi. 

Laporan Kontributor Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Material longsor yang menutup badan jalan Loji-Kiaradua di perbatasan antara Kampung Cimapag dan Kampung Gunung Buleud, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumo, Jawa Barat sudah berhasil dievakuasi.

Danramil 2202/Palabuhanratu Kapten Inf Budi HP mengatakan, evakuasi material longsor sudah 50 persen. Sehingga sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat dengan sistem buka tutup.

"Longsor terjadi kemarin pukul 16.10 WIB Sinergitas TNI Polri, BPBD, masyarakat membersihkan puing-puing ketinggian 5 meter, panjangnya sekitar 20 meter. Kami 1 kali 24 jam melaksanakan evakuasi, sekarang melakukan pembersihan kurang lebih 50 persen, sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, roda empat dengan sistem buka tutup mulai tadi pagi pukul 04.00 WIB," ujarnya, Kamis (24/12/2020).

Namun, pihaknya bersama kepolisian dan Dinas Perhubungan akan kembali menutup arus lalu lintas Loji-Kiaradua untk kelancaran evakuasi material longsor.

"Untuk kelancaran evakuasi kita koordinasi dengan pak Kapolsek jalur Loji sampai Kiaradua kita tutup kembali, kalau tidak kita tutup pekerjaan terhambat, karena mobil juga pengen cepat-cepat masuk, kendaraan roda dua pengen cepat-cepat masuk, sehingga alat berat kita tidak bisa bekerja," terangnya.

Ia menyebutkan, ada tiga alat berat yang dikerahkan untum mengevakuasi material longsor. Pihaknya juga mengimbau kepada warga yang hendak melintas jalur tersebut untuk berhati-hati.

Baca juga: VIRAL 28 Tahun Tak Pacaran, Ternyata Jodoh Guru Cantik Ini Murid Sendiri, Berawal dari Acara Sekolah

"Alat berat yang kita turunkan untuk saat ini ada tiga alat berat, dua sedang dalam perbaikan, ada sedikit kendala teknis, harapannya mereka bisa kembali bekerja, sehingga jalan ini dapat normal kembali, dapat dilalui masyarakat. Perputaran ekonomi masyarakat kembali lancar," katanya.

"Imbauan kami kepada masyarakat pengguna jalan Loji Kiara Dua ini untuk selalu berhati-hati melintasi jalan ini, karena di sekeliling kita ini tebing semuanya. Informasi dari BMKG kita ini rawan longsor. Dan warga kalau cuaca lagi ekstrem segera tinggalkan tempat tinggalnya dan segera mengungsi ke tempat lebih aman," pungkasnya.

Baca juga: Lionel Messi Punya 10 Rekor yang Hampir Mustahil Dipecahkan Orang Lain

Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved