Breaking News:

Pilkada Kabupaten Pangandaran

Dana Kampanye Tiap Paslon Pangandaran Habiskan 2,5 M Lebih, Begini Penilaian Kantor Akuntan Publik

Ia mengatakan, terkait hasil audit dana kampanye tersebut, pihaknya sudah menerima sejak 22 Desember 2020 dan langsung diserah terimakan dari KAP

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Dedy Herdiana
tribunjabar/hilman kamaludin
Pengumuman hasil audit laporan dana kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangandaran 2020 di Kantor KPU, Kamis (24/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Hasil audit laporan dana kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangandaran nomor urut 1, Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan (Juara) dan nomor urut 2, Adang Hadari-Supratman (Aman) masuk kategori patuh.

Keduanya, masuk kategori patuh karena penerimaan dan pengeluaran dana kampanye tersebut sudah disesuaikan dengan bukti-buktinya, terutama bukti kwintasi dan bukti-bukti yang lain yang diperiksa Kantor Akuntan Publik (KAP).

"KAP itu memeriksa berdasarkan dana yang masuk melalui rekening. Kemudian, pengeluarannya ada kwintansi, jadi hasilnya sangat patuh," ujar Komisioner KPU Pangandaran Divisi Hukum dan Pengawasan, Suwardi Maninggesa saat ditemui usai pengumuman hasil audit laporan dana kampanye, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Pangandaran Akan Punya Kodim Sendiri, Pangdam III/Siliwangi Cek Lahan untuk Markasnya

Baca juga: Hasil Audit, Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran Habiskan Dana Kampanye Rp 2,5 Miliar

Ia mengatakan, terkait hasil audit dana kampanye tersebut, pihaknya sudah menerima sejak 22 Desember 2020 dan langsung diserah terimakan dari KAP.

"Perlu kita sampaikan dan informasikan juga, bahwa hasil audit laporan dana kampanye itu, kita sudah menerima pada tanggal 22 Desember," katanya.

Menurut Suwardi, penerimaan hasil audit tersebut sudah sesuai dengan surat perjanjian kerjasama, dan tugas dari lembaga audit juga harus bekerja kurang lebih 15 hari.

Setelah itu, pihaknya memiliki kewajiban untuk mengumumkan hasil audit laporan dana kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangandaran kepada publik.

"Tadi sudah diumumkan, bahwa dari hasil audit semua pasangan calon masuk kategori patuh," ucap Suwardi.

Diberitakan sebelumnya, dalam pengumuman tersebut disebutkan, pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangandaran nomor urut 1, Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan (Juara) menerima dana kampanye sebesar Rp 2.698.012.188 dan dana tersebut tidak tersisa atau saldonya kosong.

Sementara untuk pasangan calon nomor urut 2, Adang Hadari-Supratman (Aman) menerima dana kampanye sebesar Rp 2.570.650.000. Bahkan, pasangan ini juga menghabiskan penerimaan dana tersebut hingga dananya tak tersisa. Artinya, kedua pasangan calon tersebut jumlah penerimaannya, sama dengan pengeluaran.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved