Breaking News:

Akhir Tahun 2020, 5 Merek Mobil Ini Jadi yang Paling Laris di Indonesia

Menjelang akhir 2020, masih ada lima merek mobil yang masih bisa meroket dan laris manis di Indonesia.

Editor: Seli Andina Miranti
TAM
Interior Toyota Fortuner facelift 

TRIBUNJABAR.ID - Peta persaingan industri otomotif dalam negeri ikut terpengaruh pandemi Covid-19. Perubahan daya beli pun memicu perubahan langkah strategis tiap pabrikan.

Tak sedikit masyarakat yang menunda belanja barang tersier seperti mobil akibat terpaan pandemi karena ada peralihan kebutuhan.

Namun, menjelang akhir 2020, masih ada lima merek mobil yang masih bisa meroket dan laris manis di Indonesia.

Lima merek mobil terlaris di Indonesia ini masih belum banyak berubah dari tahun sebelumnya.

Dilansir dari Kompas.com, Toyota dan Daihatsu masih memimpin pasar dengan penguasaan masing-masing 30 persen serta 17,7 persen.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo), penjualan pabrik ke diler (wholesales) Toyota pada Januari-November 2020 mampu mencapai 142.569 unit sementara retail sales-nya 159.450 unit.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, hal tersebut dapat diperoleh karena perseroan kerap melakukan terobosan menarik di samping memperkenalan 13 produk (termasuk penyegaran) baru pada tahun ini.

Baca juga: 6 LOWONGAN KERJA di Pabrik PT Kaldu Sari Nabati Indonesia untuk Lulusan SMA/SMK, Cek Daftar di Sini

Beberapa diantaranya ialah Agya facelift, Toyota Prius PHEV, Corolla Cross, Kijang Innova TRD Sportivo, Fortuner facelift, sampai GR Supra facelift.

Berada di urutan kedua, masih ditempati oleh Daihatsu yang sukses mencapai penjualan wholesales sebanyak 84.243 unit dan penjualan ritel 90.823 unit. Secara keseluruhan, pangsa pasar aliansi Toyota ini berada di level 17,7 persen.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menyatakan, hingga bulan ke-11 tahun ini Daihatsu Sigra menjadi model andalan pabrikan dengan penjualan 24.021 unit. Lalu, diikuti oleh GranMax Pick-Up sebanyak 21.699 unit.

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved