Breaking News:

Ridwan Kamil Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Hari Ini Menjalani Rangkaian Uji Klinis

Setelah mendapat penyuntikan vaksin Covid-19, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Forum Komunikasi

TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Setelah mendapat penyuntikan vaksin Covid-19, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah lainnya menjalani rangkaian uji klinis, di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Senin (14/12/2020). 

Setelah tiga bulan lalu mendapat penyuntikan, Ridwan Kamil mengaku tidak merasakan gejala apapun, Ia merasa sehat dan tak mengalami sakit  setelah menjalani penyuntikan vaksin pertama.

Gubernur yang akrab disapa Emil ini bahkan sudah berulang kali mengikuti tes swab dan hasilnya selalu negatif. Namun, belum dapat dipastikan apakah itu efek dari vaksin atau bukan.

"Kami sampai hari ini khususnya Forkopimda yang jadi relawan melaporkan semua sehat, fit tidak ada selama berbulan ini ada kendala sakit, kami juga berkali-kali diswab Alhamdulillah negatif," ujar Emil di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Senin (14/12/2020).

Baca juga: Runtuhnya Dominasi Partai Golkar Selama 20 Tahun di Indramayu, Disebut Soal Pengkhianatan

Sementara terkait jadwal vaksinasi Emil menyebut ada perubahan dari BPOM. Kemungkinan, Ia bersama Forkopimda bakal kembali diambil darah pada Maret 2021. Dengan begitu, sambung Emil, hasil uji klinis vaksin pun pengumumannya bakal diundur jadi Maret.

"Yang tadinya kita sampaikan pengumuman berhasil atau tidaknya vaksin Covid ini di bulan Desember, kemungkinan akan diundur ke bulan Maret, karena BPOM ingin memastikan kandungan dari antibodi kita itu berlimpah di rentang waktu yang lebih panjang," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, uji klinis vaksin dari Tiongkok itu melibatkan ribuan relawan. Uji klinis vaksin di tahap satu dan dua sebelumnya dilakukan dengan menyasar hewan dan puluhan manusia. Adapun uji klinis vaksin itu dilakukan di Kota Bandung oleh peneliti dari Unpad.

Baca juga: Ibu Pembunuh 3 Anak Kandungnya di Gunungsitoli Meninggal di RS, Ogah Makan Sejak Ditahan

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved