Breaking News:

Pilkada Kabupaten Pangandaran

Paslon Saling Klaim Menang Hasil Quick Count, Bawaslu Pangandaran Punya Data Pembanding

Meskipun kedua pasangan calon ini saling klaim menang, tetapi Bawaslu Kabupaten Pangandaran sudah memiliki data perolehan suara pembanding.

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Kabupaten Pangandaran. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada Pangandaran antara Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan dan pasangan calon Adang Hadari-Supratman saling klaim menang dari hasil quick count internal.

Dalam quick count pasangan Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan pada Rabu (9/12/2020), melalui Lingakaran Survei Indonesia (LSI) mereka meraih suara 51.76 persen dan pasangan calon Adang Hadari-Supratman meraih suara 48.24 persen dari jumlah suara yang masuk 100 persen.

Pada waktu yang sama, hasil Quick Count yang dilakukan Badan Pemenang Pemilu (Bappilu) Golkar Jabar, pasangan calon Adang Hadari-Supratman meraih suara unggul dengan 51,84 persen suara, sedangkan Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan meraih suara 47,44 persen.

"Secara internal, mereka punya akun atau aplikasi tersendiri, tapi sumbernya, tetap dari C Hasil KWK," ujar Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Gaga Abdillah Sihab saat dihubungi, Jumat (11/12/2020).

Pasalnya, kata Gaga, saksi dari setiap pasangan calon termasuk pengawas TPS (PTPS) mendapat salinan C Hasil KWK, sehingga hal itu dijadikan acuan untuk melakukan Quick Count internal masing-masing.

"Jadi, terkait mereka mengumumkan, dan lain sebagainya, mungkin agar mereka mengetahui hasil perolehan suara," katanya.

Meskipun kedua pasangan calon ini saling klaim menang, tetapi Bawaslu Kabupaten Pangandaran sudah memiliki data perolehan suara pembanding.

Baca juga: Semakin Terjangkau, Ini Daftar Harga Mobil Bekas Honda Brio Satya, Tahun 2016 Hanya Rp 100 Jutaan

"Yang jelas, Bawaslu dalam hal ini tidak akan mengumumkan Real Count dan lain sebagianya. Justru kami mempunyai data-data pembanding terkait dengan hasil rekap di tingkat TPS baik maupun tingkat kecamatan yang sedang berlangsung," ucap Gaga.

Terkait hasil Quick Count internal hingga paslon saling klaim menang, Gaga meminta agar setiap paslon dan masyarakat menunggu penetapan rekapitulasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan Real Count Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melalui laman resmi pilkada2020.kpu.go.id pada Jumat (11/12/2020) pukul 07.04 WIB, pasangan Juara mendapat perolehan suara 52,0 persen dengan total suara sebanyak 118.305 suara.

Sedangkan pasangan Aman mendapat suara sebanyak 48.0 persen dari total suara sebanyak 109.343 suara.

Jumlah perolehan suara kedua pasangan calon itu diperoleh dari 682 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sedangkan total TPS pada Pilkada Pangandaran 2020 ini semuanya ada 800 TPS, artinya suara yang sudah masuk mencapai 85,25 persen.

Baca juga: VIDEO-GAWAT, Ruang Isolasi di RS Rujukan di Kota Bandung Sudah Terisi 90 Persen, Ema: Pakai Masker

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved