Breaking News:

VIDEO Tiga Upaya Anyar Riset dan Inovasi Covid-19, Tahap Pengembangan

Riset dan inovasi ihwal Covid-19 masih tahap pengembangan oleh pemerintah. Kerja dari penelitian tersebut diharapkan dapat membantu mengatasi pandemi

Penulis: Ery Chandra | Editor: yudix

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG

Riset dan inovasi ihwal Covid-19 masih tahap pengembangan oleh pemerintah. Kerja dari penelitian tersebut diharapkan dapat membantu mengatasi pandemi kini.

"Konsorsium riset dan inovasi Covid-19 terus bekerja. Saat ini juga sedang berupaya untuk mengembangkan vaksin Covid," ujar Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brojonegoro saat diwawancara Tribun, di lokasi Cimahi Techno Park, Selasa (8/12/2020).

Selain itu, menurut dia pihaknya terus berupaya melahirkan teknologi yang lebih baru dan akurat. Yakni, bisa mendeteksi virus mematikan tersebut.

"Melalui swab anti gen, deteksi dengan embusan nafas atau GeNose, dan juga upaya lain untuk melahirkan suplemen berbasis herbal. Kami harapkan bisa menjaga imun selama masa Covid," katanya.

Dari tiga upaya pokok tersebut, Menristekdikti bilang saat ini yang tengah dikerjakan. Pihaknya pun berharap bisa berkontribusi secara lebih baik pada penanganan Covid-19.

Hasil riset teranyar, adalah swab anti gen. Seperti halnya rapid tes. Namun, berbasis swab anti gen. Sehingga dinilai lebih akurat. Serta waktu deteksi virus korona lebih cepat. Apabila dibandingkan dengan Polymerase Chain Reaction atau PCR Tes menggunakan mesin.

"Mudah-mudahan bisa membantu upaya kami menyeimbangkan upaya pemulihan ekonomi dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Penulis: Ery Chandra
Video Editor: Wahyudi Utomo

 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved