Breaking News:

Korupsi Dana Bansos Covid 19

KRONOLOGI OTT TSK Bansos, Juliari Serahkan Diri, Uang Disiapkan di Apartemen Jakarta dan Bandung

Sebelum Menteri Sosial Juliari Batubara ditangkap KPK, Juliari menyerahkan diri ke KPK pada Minggu hari ini (6/12/2020).

Editor: Dedy Herdiana
Tangkap layar KompasTV
KPK menggelar konferensi pers tentang kasus suap pengadaan barang atau jasa terkait bantuan sosial (bansos) virus Corona (Covid-19), Minggu (6/12/2012) dini hari. 

TRIBUNJABAR.ID - Sebelum Menteri Sosial Juliari Batubara ditangkap KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) karena ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus suap pengadaan barang atau jasa terkait bantuan sosial (bansos) virus Corona (Covid-19),  Juliari menyerahkan diri ke KPK pada Minggu hari ini (6/12/2020).

Penetapan tersangka atas Juliari ini merupakan tindak lanjut atas operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK pada Jumat (5/12/2020) dini hari. 

KPK menetapkan 5 orang pejabat dalam Kementerian Sosial termasuk Mensos Juliari Batubara.

Baca juga: Juliari Batubara Menteri Sosial Korupsi, Begini Gaya Sang Istri Tampil Kece yang Jarang Tersorot

Baca juga: Sama-sama Ditangkap KPK, Ini Perbandingan Kekayaan Edhy Prabowo dan Juliari Batubara

Baca juga: Daftar Terbaru Menteri Jokowi yang Terjerat Kasus Korupsi, Idrus Marham Pertama

“KPK menetapkan 5 orang tersangka. Sebagai penerima JPB, MJS dan AW. Kemudian sebagai pemberi AIM dan HS,” kata Ketua KPK Firli Bahuri saat konferensi pers, Minggu (6/12/2012) dini hari, demikian dikutip Tribunjabar.id dari KompasTV.

MJS dan AW diketahui merupakan pejabat pembuat komitmen di Kementerian Sosial. 

Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara yang telah ditetapkan sebagai tersangka mendatangi Gedung KPK, Jakarta Selatan, Minggu (6/12/2020) dini hari. Juliari P Batubara ditetapkan sebagai tersangka bersama empat orang lainnya terkait operasi tangkap tangan (OTT) KPK dalam kasus dugaan suap bantuan sosial (bansos) Covid-19.
Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara yang telah ditetapkan sebagai tersangka mendatangi Gedung KPK, Jakarta Selatan, Minggu (6/12/2020) dini hari. Juliari P Batubara ditetapkan sebagai tersangka bersama empat orang lainnya terkait operasi tangkap tangan (OTT) KPK dalam kasus dugaan suap bantuan sosial (bansos) Covid-19. (Tribunnews/Herudin)

Terkait kronologi OTT tersebut dimulai pada 4 Desember 2020, tim KPK menerima informasi akan adanya dugaan terjadinya penerimaan sejumlah uang oleh penyelenggara negara yang diberikan oleh AIM dan HS kepada MJS, AW dan Juliari.

Khusus untuk Juliari, pemberian uangnya melalui orang kepercayaannya, MJS dan SN.

“Penyerahan uang akan dilakukan pada hari Sabtu tanggal 5 Desember 2020, sekitar jam 02.00 WIB di salah satu tempat di Jakarta,” ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers, Minggu (6/12/2020).

Baca juga: Rekam Jejak Menteri Sosial Juliari P Batubara yang Terjerat Kasus Korupsi Bansos Covid-19

Baca juga: Menteri Sosial Juliari Batubara Terancam Hukuman Mati Terkait Dugaan Korupsi Dana Bansos Covid-19

Uang tersebut sebelumnya telah disiapkan AIM dan HS disalah satu apartemen di Jakarta dan apartemen di Bandung.

Uangnya di simpan di dalam 7 koper, 3 tas ransel dan amplop kecil yang jumlahnya sekitar Rp 14,5 miliar.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved