Breaking News:

Amankan Pilkada Pangandaran 2020, Polres Ciamis Kerahkan 1.500 Personel

Polres Ciamis mengerahkan 1.500 personel untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada Pangandaran 2020

Penulis: Andri M Dani | Editor: Ichsan
Tribun Jabar/Andri M Dani
Kapolres Ciamis – AKBP Dony Eka Putra 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMISPolres Ciamis mengerahkan 1.500 personel untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada Pangandaran 2020 yang hari H-nya pada Rabu (9/12/2020).

Kekuatan 1.500 personel tersebut tidak hanya berasal dari anggota Polres Ciamis tetapi juga dari jajaran polsek se-Kabupaten Ciamis dan polsek se-Kabupaten Pangandaran.

Berikut BKO dari Polres Kota Banjar, dan Polres Kota Tasikmalaya. Serta BKO dari Brimob Polda Jabar dan Samapta Polda Jabar.

“BKO dari Brimob Polda Jabar sebanyak 200 personel dan dari Samapta Polda Jabar juga 200 personil,” ujar Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra kepada Tribun usai pelantikan Sekda Ciamis Dr H Tatang MPd di Aula Setda Ciamis, Kamis (19/11).

Baca juga: Sopir Banting Setir Hindari Motor, Truk Boks Ini Malah Hantam Tembok Ruko

Sebanyak 1.500 pesonil tersebut pada hari H pencoplosan disebar ke-800 TPS di 93 desa di 10 kecamatan untuk pengamanan pelaksanaan pemungutan suara. Dengan bantuan pengamanan dari TNI. Di tingkat TPS juga ada pengamanan oleh Linmas.

Pihak Polres Ciamis sendiri menurut AKBP Dony Eka Putra masih terus melakukan pemetaan tingkat kerawanan tiap TPS. “Maping TPS masih terus dilakukan sesuai tingkat kerawanan. Tapi belum bisa dirinci,” katanya.

Di TPS yang dinilai rawan ada seorang petugas kepolisian sedangkan TPS yang dinilai kondusif dikerahkan seorang anggota kepolisian untuk 2 TPS. “Seorang anggota (kepolisian) untuk dua TPS yang dinilai kondusif. Sedangkan TPS yang dinilai rawan ada seorang  anggota untuk satu TPS,” ungkap AKBP Dony Eka Putra.

Petugas kepolisian tentunya juga melakukan pengamanan dalam setiap tahapan pilkada. Termasuk pengamanan pelaksanaan debat publik Rabu (18/11). Maupun penjagaan gudang logistik. “Gudang logistik di KPU dijaga satu pleton anggota (30 orang) bersama dengan anggota TNI,” katanya.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanan penyortiran dan pelipatan surat suara yang berlangsung di Gedung Islamic (IC) Pangandaran mulai Kamis (19/11) sampai Minggu (22/11) Polres Ciamis menggerahkan 30 anggota.

Baca juga: Mata Kedutan? Bisa Jadi Pertanda Ada Penyakit Tertentu, Ini Pertanda Lainnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved