Breaking News:

Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Jabar, Ridwan Kamil Pimpin Upacara dan Tabur Bunga di TMP Cikutra

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi inspektur upacara dalam rangka peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 Tingkat Provinsi Jabar

Istimewa/Humas Jabar
Peringatan Hari Pahlawan Tingkat Jabar, Ridwan Kamil Pimpin Upacara dan Tabur Bunga di TMP Cikutra, Selasa (10/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi inspektur upacara dalam rangka peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 Tingkat Provinsi Jabar di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (10/11/2020).

Di masa pandemi COVID-19, upacara digelar dengan protokol kesehatan tanpa mengurangi makna dan kekhidmatan. 

Sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 mengusung tema "Pahlawanku Sepanjang Masa", Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, memimpin momen mengheningkan cipta dilanjutkan penekanan tombol sirine selama 60 detik untuk mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Baca juga: Kebanyakan Tak Bergejala, Klaster Pesantren Bertambah, Upaya Ini Wajib Dilakukan Pesantren

Baca juga: Jebakan Makan-makan dan Foto-foto, Awal dari Klaster Keluarga Covid-19, Keluarga Ini 8 Orang Positif

Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan pesan-pesan perjuangan atau kata-kata mutiara dari para pahlawan nasional, antara lain Jenderal Sudirman, Muhammad Yamin, Supriyadi, Kapitan Pattimura, Bung Tomo, Ir. Soekarno, Muhammad Hatta, Raden Ajeng Kartini, Ki Hajar Dewantara, dan Cut Nyak Dien.

Kang Emil pun membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P Batubara kepada para peserta upacara. Dalam amanatnya, Mensos menyampaikan bahwa Hari Pahlawan tidak hanya sekedar diingat setiap 10 November saja, tapi lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu dikenang sepanjang masa.

"Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka," kata Kang Emil membacakan amanat Mensos.

"Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia," tambahnya.

Mensos berharap, peringatan Hari Pahlawan di masa pandemi tahun ini dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Mensos pun mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati hari pahlawan sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan.

“Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita, Soekarno, yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," ujar Mensos dibacakan Kang Emil.

"Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini," katanya.

Seusai upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 2020 di Gedung Sate, Kang Emil memimpin ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra Kota Bandung diikuti unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar.

Agenda dalam ziarah nasional tersebut antara lain menaburkan bunga dan berdoa di atas pusaran makam mantan Gubernur Jabar yaitu Yogi S. Memet, Aang Kunaefi, dan Mashudi.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved