Breaking News:

KBM Tatap Muka di Sumedang Kemungkinan Mulai Januari 2021, Tapi Semua Tergantung Satgas Covid-19

Proses kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah di Kabupaten Sumedang rencananya akan digelar mulai Januari 2021.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Giri
Tribun Jabar/ Lutfi AM
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Proses kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah di Kabupaten Sumedang rencananya akan digelar mulai Januari 2021. Rencana itu dikeluarkan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang.

Hal tersebut menyusul turunnya surat keputusan bersama (SKB) dari empat menteri, termasuk dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahwa KBM tatap muka bisa digelar untuk wilayah yang masuk zona kuning dan zona hijau.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar, mengatakan, rencana KBM tatap muka pada Januari 2021 merupakan target terdekat jika kondisi penyebaran Covid-19 tetap terkendali.

"Seandainya situasi dan kondisi memungkinkan, dilihat dari perkembangan sekarang, mungkin di bulan Januari itu menjadi salah satu pertimbangan untuk dianalisis KBM tatap muka," ujarnya saat ditemui di sekitar Jalan Kutamaya, Sumedang, Senin (2/11/2020).

Namun, rencana tersebut sangat tergantung pada kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang yang saat ini wilayahnya sudah masuk pada zona kuning atau zona risiko rendah.

"Kalau betul stabil, mungkin akan dipertimbangkan KBM tatap muka di jenjang pendidikan SMP, nanti di bulan Januari. Tapi ini baru rancangan, kemungkinan secara bertahap, SD dan SMP tidak akan digelar bersama-sama," kata Eka.

Setelah tingkat SMP, lanjut Eka, KBM tatap muka itu akan dilanjutkan ke tingkat yang lebih rendah, sehingga pihaknya meminta agar sekolah penyiapkan sarana dan prasarana, jika seandainya melaksanakan KBM tatap muka.

"Sarana-prasarana terkait penunjang protokol kesehatan harus sudah tersedia, contohnya seperti tempat cuci tangan dan masker harus disiapkan oleh sekolah. Jadi tidak mendadak," ucapnya.

Selain itu, kata dia, aspek yang lainnya juga harus disiapkan, terutama dalam hal persetujuan dari orang tua siswa terkait pelaksanaan KBM tatap muka tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved