Breaking News:

Libur Panjang, Ramp Check untuk Bus Wisata di Exil Tol Soroja

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat menikmati libur panjang, Dinas Perhubungan

istimewa
Pemeriksaan bus wisata di Exit Tol Soroja tim gabungan Dishub Jabar, Kamis (29/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat menikmati libur panjang, Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar memerintahkan Dishub Kota dan Kabupaten di Jabar memeriksa semua kendaraan yang melintas di daerahnya masing-masing.

Sekretaris Dishub Provinsi Jawa Barat Idat Rosana mengatakan, pada libur panjang akhir pekan ini pihaknya bersama dengan jajaran kepolisian dan juga dinas perhubungan kabupaten/kota melakukan uji kelaikan kendaraan atau ramp check.

"Tak hanya kendaraan tapi kesehatan sopir dan kondektur ikut diperiksa kesehatannya," ujar Idat, saat pemeriksaan Exit Gerbang Tol Soroja, Kamis (29/10).

Idat mengatakan, Ramchek di gerbang Tol Soroja Kamis 29 Oktober 2020 Dishub Jabar bersama dengan Pomdam III Siliwangi, Polda Jabar, Polresta Bandung, Dishub Kabupaten Bandung, serta komunitas pelajar pelopor keselamatan jalan.

Baca juga: Ratusan Wisatawan Dicegat di Simpang Gadog dan Dites Rapid, Hasilnya Sudah 24 Orang Reaktif

"Sasaran pemeriksaan bus wisata yang sebagian besar tujuan wisata kawasan Ciwidey meliputi, teknis kendaraan, kelengkapan administrasi dan protokol kesehatan" ujar Idat.

Idat kembali menegaskan, ramchek ini
dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan saat libur panjang akhir pekan.

Hasil operasi menurut Idat, kendaraan yang diperiksa sebanyak 35 unit yaitu Bus besar 8 uni, Bus sedang 5 unit, Bus kecil 2 unit dan angkutan barang 20 unit .

Idat mengatakan, jumlah kendaraan laik jalan 26 unit sedangkan kendaraan tidak laik jalan 9 unit, dikembalikan ke garasi.

"Kendaraan yang tidak laik jalan dilarang membawa penumpang, penumpang dialihkan ke bus lain, " ujar Idat.

Baca juga: Kalau Nyetir ke Lembang Jangan Lihat Google Maps Terus, Mobil Bisa Terjun ke Jurang

Idat minta kepada para sopir angkutan umum sebelum membawa penumpang harus sehat karena kesehatan sopir menjadi jaminan utama. Selain itu kendarannya dari pool sebelum pemberangkatan harus dipersiapkan dari teknis kendaraannya.

"Pemeriksaan, kelaikan kendaraan tidak hanya dilakukan pada bus AKDP maupun AKAP. Bus wisata atau travel akan diperiksa," ujarnya.

Idat, mengatakan, demi keselamatan penumpang, ramp check dan pemeriksaan kesehatan angkutan umum dilakukan oleh Dishub Jabar secara serempak di seluruh kota/kabupaten.

Penulis: Tiah SM
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved