Breaking News:

Libur Panjang, Petugas Terminal Ciakar Sumedang Gelar Ramp Check Hingga Test Covid-19

Dalam menghadapi libur panjang, pengelola Terminal Tipe A Ciakar, Kabupaten Sumedang telah

ISTIMEWA
Petugas gabungan saat melakukan ramp check bus di Terminal Ciakar Sumedang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Dalam menghadapi libur panjang, pengelola Terminal Tipe A Ciakar, Kabupaten Sumedang telah mengadakan ramp check dan sudah menggelar rapid test bagi semua petugas dan awak kendaraan.

Ramp check atau pemeriksaan kelaikan kendaraan itu dilakukan untuk antisipasi kecelakaan selama libur panjang, sedangkan rapid test untuk mencegah penyebaran virus Corona di Kabupaten Sumedang.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Ciakar Sumedang, Dadang Suganda mengatakan, kecelakaan dan penyebaran virus Corona saat libur panjang itu memang harus diwaspadai untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Kita melakukan ramp check kendaraan, untuk menjaga keselamatan, kenyamanan bagi pengguna angkutan," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Rabu (28/10/2020).

Baca juga: Berkemah Jadi Pilihan Wisatawan Saat Libur Panjang, Seperti di Rancaupas Bandung Selatan

Sebelum pemberangkatan, kata Dadang, bus yang akan mengangkut penumpang, wajib dilakukan ramp check, agar semua kendaraan bisa dipastikan laik jalan.

Ia mengatakan, terkait rapid test bagi petugas dan awak bus hasilnya non reaktif, sehingga penumpang dipastikan akan aman dari penyebaran virus Corona.

"Dalam melaksanakan test Covid-19 itu, kami bekejasama dengan Polres Sumedang," kata Dadang.

Selain melakukan rapid test bagi petugas dan awak kendaraan, pihaknya juga mengadakan rapid test bagi penumpang yang akan berangkat maupun yang baru datang dari Jakarta.

"Untuk hasilnya, kami berkoordinasi dengan tim kesehatan dari Puskesmas Situ," ucapnya.

Bahkan, pihaknya juga dalam waktu dekat berencana bakal mengadakan swab test bagi semua orang yang beraktivitas di terminal.

Baca juga: Nina-Lucky Berjanji Akan Berdayakan OKP dan Gali Minat Kaum Milenial di Indramayu

"Nanti juga akan mengadakan swab test, kami sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan. Insya Allah semua orang yang beraktivitas di terminal akan diswab test," kata Dadang.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved