Breaking News:

VIDEO-Ciamis Kopi Bis (Cikobis), Cara Baru Menikmati Kopi Khas Ciamis Sambil Naik Bus

UNTUK meningkatkan gairah pariwisata di masa pandemi Co­vid-19, Dinas Pariwisata Ciamis terus berinovasi.

TRIBUNJABAR.ID - UNTUK meningkatkan gairah pariwisata di masa pandemi Co­vid-19, Dinas Pariwisata Ciamis terus berinovasi. Salah satunya bekerja sama dengan Badan Promisi Pariwisata Daerah (BPPD) Ciamis dan PO Sumber Jaya dengan meluncurkan Cikobis alias Ciamis Kopi dalam bis atau disebut juga coffee on the bus.

Dua bus Cikobis diresmikan beroperasinya oleh Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM dan Wabup Yana D Putra di halaman Pendopo Gedung Negara Ciamis, Senin (12/10) sore. Bupati dan Wabup serta unsur muspida dan sejumlah pejabat Pemkab Ciamis, naik Cikobis menikmati kopi asli Ciamis sembari berkeliling Ciamis Kota (city tour). Hadir juga pemilik Sumber Jaya Trans, H Asep S.

Menurut Kepala Dinas Pa­riwisata Ciamis, Dr H Wasdi, terobosan dengan menyulap dua bus jadi kafe berjalan ini diharap­kan dapat meningkatkan gairah pariwisata Ciamis di tengah pan­demi Covid-19ini. “Dengan naik Cikobis, wisatawan bisa berkeli­ling Ciamis sembari menikmati cita rasa kopi khas Ciamis,” ujar Wasdi.

Beroperasinya Cikobis ini diha­rapkan juga dapat meningkatkan gairah UMKM meningat selain kopi, di dalam bus juga tersedia camilan khas Ciamis berupa sale pisang, galendo, dan makaroni.

Untuk meningkatkan gairah pa­riwisata perekonomian di Ciamis, menurut Wasdi, para pengusaha asal Ciamis diharapkan dapat menginvestasikan usahanya di bidang pariwisata di Ciamis.

Bupati Ciamis mengaku bangga dengan beroperasinya Cikobis sebagai bentuk terobosan untuk menggairahkan pariwisata di Ciamis. “Di tengah pandemi pere­konomian tetap harus tetap jalan. Dan protokol kesehatan tetap ha­rus dipatuhi,” ucap Herdiat seusai menandai beroperasinya dua bus Cikobis dengan tradisi memecah­kan kendi di bagian depan kabin.

Dua unit Bus Cikobis.
Dua unit Bus Cikobis. (TribunJabar)

Beroperasinya bus bergaya kafe ini, menurut Bupati, tak hanya meningkatkan gairah pariwisata tetapi juga berdampak pada pe­ningkatan peran UMKM. Ciamis tak hanya terkenal dengan kopi­nya tetapi juga banyak produk lainnya seperti madu dari kam­pung madu Banjaranyar, galendo, abon, sale pisang, dan berbagai makanan khas lainnya.

Menurut Bidang Pemasaran BPPD Ciamis, H Wiky Jojon, bus Cikobis ini berkapasitas 24 pe­numpang dengan suasana dalam bus ditata seperti kafe, termasuk ada barista dan pramusaji.

“Kami menyediakan cita rasa kopi asli Ciamis seperti kopi Gunung Sawal, Kalijaya, Ki Oyo Rancah, Rajadesa, dan kopi asli Ciamis lainnya. Juga berbagai camilan khas Ciamis,” ujar Wiky.

Satu trip city tour selama 1,5 jam tarifnya hanya Rp 50.000 per orang. Berangkat dari Touris In­formation Center (TIC) Kompleks Perkantoran Kertasari, melintas kota sambil menikmati kopi khas Ciamis. Tujuan perjalanan adalah objek wisata dan kafe Al Baik di Babakan Limus (Bali) Margaluyu Cikoneng dan pulangnya mam­pir di pusat oleh-oleh H Yoyo Cikoneng.

Menurut Wiky, selain rute itu, ada lima rute Cikobis lain, yakni rute TIC-Al Baik Cikoneng, TIC-Kawali, TIC-Karangkamul­yan, TIC-Cihaurbeuti, TIC-Arena rekreasi air Sumberjaya Cipang­alun Jalatrang Cipaku. Dengan kisaran tarif Rp 50.000-Rp 75.000 per orang. Ke depan juga akan dirintis rute “ngopi” dalam bus dari TIC-Pangandaran.

Karena itu, Cikobis bisa men­jadi pilihan bagi pendatang yang ingin menikmati keindahan alam Ciamis sambil minum kopi dalam bus. Bagi yang berulang tahun, arisan, rapat dengan suasana berbeda Cikobis bisa menjadi pi­lihan. Termasuk untuk rombong­an pengantin dan rombongan tamu-tamu resmi (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Cikobis, Cara Baru Menikmati Kopi Khas Ciamis Sambil Naik Bus, https://jabar.tribunnews.com/2020/10/14/cikobis-cara-baru-menikmati-kopi-khas-ciamis-sambil-naik-bus.

Penulis: Andri M Dani
Editor: bisnistribunjabar
Video Editor: Edwin Tk

Penulis: Andri M Dani
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved