Breaking News:

COFFEE MORNING

VIDEO-BPOM: Jadilah Konsumen yang Cerdas

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung menghimbau agar masyarakat cerdas dalam memilih produk obat-obatan, makanan maupun kosmetik.

Penulis: Mumu Mujahidin | Editor: Aditya Rahman

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung menghimbau agar masyarakat cerdas dalam memilih produk obat-obatan, makanan maupun kosmetik. Tidak hanya pemerintah (BBPOM) konsumen juga memiliki peran penting dalam pengawasan obat dan makanan secara langsung.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Bandung, Dra Hardaningsih, Apt., MHSM menuturkan dengan menjadikan konsumen yang cerdas akan memperkuat pengawasan oleh konsumen.

“Konsumen yang cerdas bisa memilih produk dengan baik, tidak akan lagi membeli atau menggunakan produk yang tidak aman (ilegal),” ujarnya.

Dengan demikian kata Naning sapaan akrabnya, akan berlaku hukum pasar, apabila demand berkurang maka supply akan berkurang. Sehingga produsen lambat laun tidak lagi memproduksi produk obat dan makanan yang tidak aman.

Naning membagi tips bagaimana menjadi konsumen yang cerdas, yaitu dengan Cek KLIK. Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kadaluwarsa.

“Pastikan kemasan dalam keadaan baik, tidak bocor, tidak robek dan tidak mengembung. Baca label dengan teliti, pastikan produk memiliki izin edar dan pastikan tanggal kadaluwarsanya,” tuturnya.

Selain itu konsumen juga dapat melakukan pengecekan produk yang akan dibelinya dengan menggunakan aplikasi. Untuk memastikan apakah produk makanan, obat atau kosmetik tersebut terdaftar atau tidak di BPOM.

“Masyarakat bisa mengunduh aplikasi CEK BPOM atau BBPOM MOBILE di Play Store atau App Store. Semua bisa dilakukan di dua aplikasi ini, pengecekan produk, pengaduan hingga informasi lainnya,” pungkasnya.(*)

Untuk Mengikuti Survey Kepuasan Pelanggan dari BPOM, https://bit.ly/EFF_KIE_Bandung

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved