Breaking News:

Pemekaran Garut Selatan Belum Usai, Kini Muncul Rencana Pemisahan Garut Utara

Belum tuntas dengan rencana pembentukan Kabupaten Garut Selatan, Pemkab Garut kini kembali menyetujui rencana pembentukan Kabupaten Garut Utara

Pemekaran Garut Selatan Belum Usai, Kini Muncul Rencana Pemisahan Garut Utara
Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdusalam
ILUSTRASI: Nelayan Garut Selatan melarung sesaji ke tengah laut sebagai bentuk rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang melimpah.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana 

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Belum tuntas dengan rencana pembentukan Kabupaten Garut Selatan (Garsel), Pemkab Garut kini kembali menyetujui rencana pembentukan Kabupaten Garut Utara (Gatra). Desakan pemekaran wilayah kian kencang didengungkan.

Bupati dan Wakil Bupati Garut menyepakati Gatra saat melakulan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Garut Masa Sidang lll Tahun Sidang 2020, Kamis (1/10/2020).

Rapat paripurna itu juga dihadiri Forum Masyarakat Garut Utara (Gatra).

Rapat paripurna digelar dalam rangka pembahasan pembentukan daerah persiapan Kabupaten Garut Utara. Dengan kesepakatan itu, Pemkab Garut akan menyediakan anggaran untuk mengkaji pemekaran wilayah di utara Garut.

Oknum Kades Dilaporkan Perkosa Remaja 13 Tahun, Ayah Korban Pernah Jadi Tim Sukses saat Pilkades

Bikin Warga Iri, Banyak Rumah Bagus di Lemahayu Indramayu Dilabeli Pra Sejahtera, Penerima Bansos

"Ada 11 kecamatan yang akan bergabung dengan Gatra dan terdiri dari 116 desa," ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan, Jumat (2/10/2020).

Sebanyak 11 kecamatan yang akan bergabung ke Gatra yakni Limbangan, Cibatu, Kadungora, Karangtengah, Kersamanah, Leles, Leuwigoong, Malangbong, Selaawi, Sukawening, dan Cibiuk.

"Lokasi ibu kota daerah persiapan Kabupaten Garut Utara nantinya akan berada di Kecamatan Cibiuk," ucapnya.

Wilayah Cibiuk dipilih karena berada di tengah. Warga dari kecamatan lain tak akan kesulitan mengakses untuk datang ke ibu kota Gatra itu.

Gatra secara politis memenuhi persyaratan untuk menjadi kabupaten baru di wilayah Kabupaten Garut. Sejumlah tokoh di utara Garut itu juga sudah lama mendesak untuk memisahkan diri

“Pembentukan kabupaten baru ini semata-mata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Garut Utara,” katanya.

Presiden AS Donald Trump Kena Virus Corona, Begini Nasib Orang Terdekat yang Juga Positif Covid-19

REMEHKAN VIRUS CORONA, Tolak Pakai Masker, Donald Trump Positif Covid-19, Pengamat: Karier Hancur

Kabupaten Garut sebagai kabupaten induk akan memberikan dukungan dana jika Gatra berhasil dimekarkan. Pemberian ini dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah persiapan Kabupaten Garut Utara.

"Minimal ada bantuan sebesar Rp 15 miliar per tahun untuk jangka waktu tiga tahun berturut-turut sejak peresmian (pemekaran Gatra)," ucapnya.

Selain memberikan dukungan dana, Pemkab Garut akan memberikan bantuan dalam bentuk lainnya. Sebanyak 2.885 PNS akan diserahkan untuk bertugas di wilayah calon daerah persiapan.

"Kami juga akan memberikan sarana dan prasarana berupa aset pemerintahan, serta dokumen rekapitulasi keputusan BPD dan berita acara cakupan wilayah," katanya.

KISAH TRAGIS Pengantin Wanita Meninggal Saat Dirias, Kerabat Ungkap Permintaan Terakhir dan Penyebab

INI PESAN Ayah Meli Juara LIDA 2020 untuk Ridwan Kamil, Rumah Berdinding Bilik dan Tanpa Kamar Mandi

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved