Polisi Selidiki Temuan Dugaan Mantan Kades Cikalong Wetan Jual Lahan Desa Seluas 15 Hektare

Kades tersebut menjual lahan desa saat masih menjabat tahun 2017. Luas lahan yang dijual diduga 15 hektare.

Penulis: Syarif Pulloh Anwari | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, CIKALONG WETAN - Kepolisian menemukan dugaan kasus penjualan lahan desa seluas 15 hektare di Desa Cikalong, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat.

Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Cimahi sudah memanggil 100 saksi dugaan penjualan lahan yang dilakukan mantan kades tersebut.

"Kasusnya sudah naik ke tingkat penyidikan, dari 100 orang saksi yang telah dipanggil, sebanyak 47 orang di antaranya merupakan petani yang biasa menggarap di lahan tersebut," kata Kanit Tipikor Satreskrim Polres Cimahi Iptu Herman Saputra, Kamis (1/9/2020).

Kasus ini berawal dari temuan mantan Kades Cikalong Iin Solihin diduga menjual lahan milik negara dan tanah desa kepada pihak perorangan.

Selain itu, mantan kades itu memalsukan tanda tangan 27 penggarap.

Itu agar memuluskan aksinya dibuatkan permohonan penyertifikatan tanah.

"Ada dugaan penyalahgunaan wewenang oleh mantan kades, dia melakukan korupsi karena tanah negara dan kas desa dijual lalu disertifikatkan. Dia juga telah memalsukan tanda tangan para penggarap, sedangkan mereka (penggarap) tidak pernah merasa mengajukan permohonan sertifikat kepada siapa pun," ucapnya.

Herman menjelaskan pihaknya sudah menyita berkas dan dokumen soal penjualan lahan di Desa Cikalong tersebut.

"Tapi untuk sertifikat asli, kami belum dapat. Kami akan hitung nilai kerugian atas lahan yang sudah dijual mantan kades," jelasnya.

Lahan seluas 15 hektare di Desa Cikalong, Kecamatan Cikalongwetan diduga dijual oknum mantan kepala desa dan ternyata dibantu Ketua RW kepada seseorang bernama Hendra.

Iin Solihin menjual lahan di lima lokasi yang tersebar di Blok Gunung Batu, Blok Jaliam, Blok Pasir Kawah, Blok Munjul, dan Blok Cigoong saat masih menjabat Kades Cikalong pada 2017.

Tes Covid-19 Lebih Mudah dan Cepat, Tes Saliva Disebut Lebih Akurat untuk Deteksi Virus Corona

Baru Saja Berlangsung, Ini Link Live Streaming Drawing Fase Grup Liga Champions 2020-2021

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved