Breaking News:

Dua Dokumen Kehidupan Soekarno-Inggit Akan Dilelang, Sejarawan: Sebaiknya Tak Diperjualbelikan

Nina Lubis turut memberikan pandangan ihwal dokumen surat nikah dan akta cerai milik Presiden RI pertama Soekarno dengan Inggit Ganarsih.

Tribun Jabar/ Mega Nugraha
Dokumen pribadi Ir Soekarno berupa surat nikah? dan surat cerai dengan Inggit Garnasih disimpan selama puluhan tahun oleh Tito Zeni Harmain (73) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejarawan dari Universitas Padjadjaran, Nina Lubis, turut memberikan pandangan ihwal dokumen surat nikah dan akta cerai milik Presiden RI pertama Soekarno dengan Inggit Ganarsih yang hendak dilelang via media sosial.

"Arsip ini memang milik keluarga, tapi sebaiknya tak diperjualbelikan. Alangkah terpujinya bila arsip diserahkan saja ke ANRI. Tentu dengan mendapat ganti rugi," ujar Nina Lubis saat dikonfirmasi Tribun via ponselnya, Kamis (24/9/2020).

Menurutnya, kedua dokumen yang sarat nilai sejarah tersebut memiliki makna sangat penting. Yakni, sebagai sumber primer tentang riwayat hidup satu di antara pendiri bangsa dan presiden pertama Indonesia.

"Dan peranan Ibu Inggit sendiri sebagai tokoh yang mengantarkan Soekarno ke gerbang kemerdekaan," kata penulis buku berjudul "Kajian Tentang Perjuangan Inggit Garnasih (1888-1984)" tersebut.

Nina menyampaikan, sejak 2008 pihaknya telah mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menyimpan arsip penting yang berada di
Rumah Sejarah Ibu Inggit, Jalan Ciateul, Kota Bandung, tersebut.

"Tapi rupanya hal ini belum terlaksana. Entah karena apa," ujarnya merasa heran.

Meski yang menyimpan dokumen asli itu saat ini, dia bilang adalah Tito Zeni Harmain (73), putra dari Asmara Hadi dan Ratna Djoeami, atau anak angkat Inggit Garnasih.

Selain itu, juga ada beberapa peninggalan Inggit dan Sukarno semisal meja tulis, batu pipisan jamu dan lainnya.

"Saya sudah melihat dan membaca dua dokumen itu tahun 2008, waktu akan mengusulkan Ibu Inggit sebagai pahlawan nasional," katanya.

Halaman
12
Penulis: Ery Chandra
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved