Breaking News:

Kesehatan

Kurang Tidur Selama 15 menit Saja Bisa Bikin Badan Bertambah Gemuk

Berdasarkan pedoman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang dengan indeks massa tubuh di atas 30 dikategorikan obesitas

Editor: Adityas Annas Azhari
Snuggle-Pedic
Ilustrasi tidur memeluk guling 

TRIBUNJABAR.ID - Waktu istirahat yang mencukupi di malam hari memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, pikiran menjadi lebih jernih, serta umur yang lebih panjang.

Jika kita kurang beristirahat atau kurang tidur, maka kondisi tubuh menjadi terganggu. Bahkan, "kehilangan" waktu tidur selama 15 menit saja sudah bisa berdampak pada kondisi tubuh kita.

Studi baru menemukan bahwa kurang tidur selama 15 menit akan menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan pada seseorang.

Studi tersebut dipublikasikan ke dalam JAMA Internal Medicine.

Para peneliti mengambil data dari penggunaan aplikasi pelacak tidur pada 120.000 peserta yang terhubung ke ponsel pintar, jam tangan, dan alat pelacak kebugaran (fitness tracker), seperti dilaporkan CNN.

Hasilnya, orang-orang dengan indeks massa tubuh (BMI) di atas 30 memiliki kekurangan waktu tidur 15 menit dibandingkan mereka yang memiliki BMI lebih sehat.

Berdasarkan pedoman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang dengan indeks massa tubuh di atas 30 dikategorikan obesitas.

Jangan Sering Begadang, Kurang Tidur Ternyata Bisa Berdampak Mematikan Bagi Tubuh, Ini Buktinya

Menurut peneliti, temuan mereka mendukung gagasan bahwa pola tidur dapat terkait dengan manajemen berat badan dan kondisi kesehatan seseorang.

Beberapa studi sebelumnya meneliti hubungan antara kekurangan tidur dan berat badan yang bertambah.

Menurut laporan USA Today tahun 2014, kurang istirahat dapat memicu peningkatan kadar hormon rasa lapar (ghrelin), serta penurunan hormon rasa kenyang atau leptin. Sering mengantuk juga terbukti menyebabkan peningkatan rata-rata 300 kalori yang dikonsumsi per hari.

Karenanya dokter menganjurkan agar kita tidur setidaknya tujuh jam setiap malam. Namun, memenuhi kecukupan waktu tidur bukan perkara mudah. Untuk mengatasinya, para ahli menyarankan kita untuk mengatur jadwal waktu tidur, menghindari kafein di sore hari, membiasakan diri terpapar cahaya alami, dan menambahkan 30 menit olahraga ke dalam rutinitas harian kita. (kompas.com/gading perkasa)

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved