Breaking News:

Unpad Berkomitmen Terus Berikan Sumbangsih kepada Bangsa di Masa Pandemi Covid-19

Universitas Padjajaran (Unpad) berkomitmen memberikan sumbangsih kepada bangsa di masa pandemi Covid-19.

Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Rektor Unpad, Rina Indiastuti 

Laporan Wartawan Tribun Jabar.ID

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebagai satu di antara perguruan tinggi terbaik di Indonesia, Universitas Padjajaran (Unpad) berkomitmen memberikan sumbangsih kepada bangsa di masa pandemi Covid-19.

Rektor Unpad, Rina Indiastuti, mengatakan, peran dan kebermanfaatan Unpad untuk membantu Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 menjadi hal prioritas.

Hingga saat ini, Unpad telah memberikan sejumlah sumbangsih untuk membantu bangsa dan negara menghadapi bencana global tersebut.

"Kita bersyukur bahwa Unpad telah berperan membantu melakukan deteksi Covid-19 dengan memanfaatkan laboratorium BSL 2 dan BSL 3 yang dimiliki Unpad. Selain itu, kita juga telah mengembangkan rapid test Covid-19 berbasis antigen yang dinamai CePad," ujar Rina dalam sambutannya di puncak penyelenggaraan peringatan Dies Natalis Unpad ke-63 yang disiarkan dalam live streaming melalui diesnatalis.unpad.ac.id, Jumat (11/9/2020).

Dalam kesempatan itu, rektor pun mengapresiasi kerja tim riset Fakultas Kedokteran Unpad yang diketuai Kusnandi Rusmil, terkait kolaborasinya dengan PT Bio Farma dan Sinovach Biotech dalam melaksanakan uji klinis tahap III calon vaksin Covid-19.

Rangkaian proses uji klinis tersebut, lanjutnya, tengah berlangsung setidaknya hingga akhir tahun ini di bawah pengawasan BPOM dan WHO.

"Kita semua berharap hasilnya adalah vaksin ini teruji dan mendapat izin edar, sehingga vaksin Sinovac dapat diproduksi di awal 2021," ucapnya.

Rina menuturkan, pandemi Covid-19 adalah satu di antara momen transformatif yang mendorong Unpad untuk melakukan percepatan perubahan di berbagai bidang.

Perubahan tersebut mengarah pada dorongan disrupsi yang juga telah terjadi sebelum adanya pandemi, yakni revolusi industri 4.0.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved