Breaking News:

VIDEO-Hampir Sepekan Kampung Adat Ciptarasa Sukabumi Gelap Gulita, Turbin PLTA Diterjang Longsor

Kampung Adat Ciptarasa Sukabumi sudah hampir sepekan ini gelap gulita.

Laporan Kontributor Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Sudah hampir sepekan aliran listrik padam di dua kedusunan di Desa Sirnarasa, tepatnya di Kampung Adat Ciptarasa, Dusun 2 Sirnarasa dan Kampung Kapidengkung, Dusun 3 Cihangsana, Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala Desa Sirnarasa Okih Suryadi mengatakan, listrik di dua kedusunan itu padam karena turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) milik warga Kampung Adat Ciptarasa rusak akibat longsor yang terjadi Kamis (3/9/2020).

Menurutnya, longsor terjadi setelah diguyur hujan deras.

Sehingga turbin yang berada di tebing itu rusak diterjang longsor.

"Ini kejadiannya hari Kamis pukul 4 sore kebetulan hujan deras. Sekarang masih belum nyala, enggak ada penerangan dari PLTA itu, untuk penerangan pakai ada lampu semprong dan lilin. Untuk masak di adat itu pakai hawu (Tungku), kalau yang tidak di adat itu mengikuti," ujar Okih kepada Tribunjabar.id, Selasa (8/9/2020).

Okih menyebutkan, sekitar 120 kepala keluarga (KK) yang terdampak listrik padam akibat turbin PLTA rusak diterjang longsor.

"Dua kedusunan itu menerangi sekitar 120 KK, ini dibuatnya sekitar tahun 1992 atau berapa saya lupa, 20 tahun yang lalu, itu dibuatnya pas zaman Abah kasepuhan almarhum, sekarang dikelola oleh tokoh adat Kampung Ciptarasa. Dari desa mau secepatnya ada bantuan dari BPBD atau Pak Bupati," katanya.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan ke lokasi kejadian.

Pihaknya juga sesegera mungkin akan melakukan perbaikan terhadap turbin PLTA tersebut.

"Kita telah melakukan pengecekan lokasi ke daerah terdampak longsor saluran turbin. Kalau melihat kondisi lapangan, memang ini sangat vital, kaitan dengan aliran listrik, terlebih konsumennya 120 Kepala Keluarga," ujarnya, Selasa (8/9/2020)

"Setelah kita koordinasi dengan kepala desa dan tokoh masyarakat di sekitar lokasi, mereka umumnya mengharapkan saluran turbin ini kembali normal. Kita pada hari Kamis ini akan melakukan upaya perbaikan. Kami akan segera komunikasikan dengan pimpinan atas harapan masyarakat ini," ujarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Hampir Sepekan Kampung Adat Ciptarasa Sukabumi Gelap Gulita, Turbin PLTA Diterjang Longsor, https://jabar.tribunnews.com/2020/09/08/hampir-sepekan-kampung-adat-ciptarasa-sukabumi-gelap-gulita-turbin-plta-diterjang-longsor.

Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: taufik ismail
Video Editor: Edwin Tk

Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved