Breaking News:

VIDEO-Enam Bulan Tutup, Perpustakaan Daerah Kota Sukabumi Kembali Beroperasi Mulai Hari Ini

Setelah enam bulan tutup, Perpustakaan Daerah Kota Sukabumi kembali beroperasi mulai hari ini.

Laporan Kontributor, Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNAJABAR.ID, SUKABUMI - Perpustakaan Umum Daerah (Pusda) Kota Sukabumi kembali membuka layanan pengunjung dan peminjaman buku.

Sebelumnya hampir selama enam bulan pelayanan Pusda ditutup karena pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Sukabumi, M Gabriel Sukarman mengatakan, pembukaan kembali layanan Pusda Kota Sukabumi bertepatan dengan bulan gemar membaca dan hari kunjungan Perpustakaan yang diperingati pada bulan September ini.

"Setelah beberapa bulan ditutup karena pandemi, kini perpustakaan daerah kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya di ruang kerjanya, Senin (7/9/2020).

Setiap orang yang akan berkunjung atau meminjam buku, kata dia, harus mengikuti beberapa langkah penerapan protokol kesehatan, seperti dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, wajib mencuci tangan, dan menggunakan masker

"Khusus bagi warga yang akan berkujung dan meminjam buku kami menyediakan sarung tangan. Sarung tangan tersebut tidak boleh dibuka selama berada di perpustakaan," katanya.

Ia menambahkan, layanan perpustakaan dibuka mulai pukul 09:00 WIB hingg 15:00 WIB.

Dan untuk sementara, jumlah pengunjung dibatasi hanya untuk 25 orang per hari.

"Apabila terjadi antrean, kami akan batasi satu jam untuk setiap pengunjung. Tapi, kalau tidak ada antrean kami tidak batasi waktu berkunjung," ucapnya.

Ia mengatakan, dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai pelayanan itu ditutup setiap ruangan Pusda langsung dilakukan sterilisasi dan dilakukan penyemprotan disinfektan. Setelah dikembalikan, buku pun dilakukan sterilisasi. 

"Untuk buku yang sudah dipinjam warga, buku itu nantinya akan disimpan didalam dus memakai kamper selama tiga hari, setelah itu baru akan kembali dipajang di rak buku Pusda," katanya.(*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Enam Bulan Tutup, Perpustakaan Daerah Kota Sukabumi Kembali Beroperasi Mulai Hari Ini, https://jabar.tribunnews.com/2020/09/07/enam-bulan-tutup-perpustakaan-daerah-kota-sukabumi-kembali-beroperasi-mulai-hari-ini.

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: taufik ismail
Video Editor: Edwin Tk

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved