Breaking News:

Pemerintah Siapkan Strategi Agar Gaji Karyawan PT Inti yang Tertunggak 7 Bulan Dibayar

Arya Sinulingga angkat bicara terkait kabar tentang PT Inti yang belum membayarkan gaji karyawannya sejak tujuh bulan lalu

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Karyawan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) (PT INTI) yang tergabung dalam Serikat Pekerja PT INTI (Sejati) menggelar unjuk rasa di halaman Kantor PT INTI, Jalan Mochammad Toha, Kota Bandung, Kamis (29/8/2019). Ratusan Karyawan BUMN yang memproduksi perangkat telekomunikasi di Indonesia itu, dalam aksinya menuntut kepada pihak manajemen untuk segera membayar gaji karyawan bulan Juli dan Agustus 2019, fasilitas kesehatan (Klinik Mitra Perusahaan ataupun BPJS), tunjangan-tunjangan yang tertuang dalam Perjanjian Kerja Barsama (PKB), serta pembayaran pesangon atau Imbalan Paska Kerja (IPK) kepada karyawan yang sudah pensiun dari 2018. 

TRIBUNJABAR, JAKARTA - PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau PT Inti dikabarkan belum membayarkan gaji karyawannya selama tujuh bulan.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengatakan, ia telah menyiapkan strategi agar perusahaan tersebut bisa membayarkan gaji karyawannya.

“Yang pertama adalah mereka punya proyek di Telkom, ini pun sebenarnya belum mencapai target, tapi kita minta supaya Telkom merilisnya lebih dulu supaya kawan-kawan INTI terbantu secara finansial,” ujar Arya seperti dilansir Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

Selanjutnya, kata Arya, PT Inti akan mencairkan dana mereka yang tersimpan di bank. Namun, sebenarnya pihak bank menahan dana PT Inti itu karena mereka mempunyai tunggakan.

 “Untuk itu kami sudah minta juga kedua bank nasional ini BUMN ini untuk merilis juga, untuk memberikan simpanan tersebut supaya bisa membayar. Dan kami lihat dari uang yang mereka miliki ini bisa membayar uang karyawan,” kata Arya.

 Langkah ketiga, kata Arya, pihaknya telah meminta PT Telkom untuk memberikan proyek untuk PT Inti. Dengan begitu, PT Inti akan mendapatkan dana segar.

 “Begitu kira-kira sambil nanti kita lihat juga projek yang lain yang bisa proyeksi lain yang bisa dikembangkan PT Inti,” ucapnya.

Sebelumnya,  Arya Sinulingga angkat bicara terkait kabar tentang PT Inti yang belum membayarkan gaji karyawannya sejak tujuh bulan lalu.

Menurut Juru Bicara Erick Thohir itu, tak semua karyawan PT Inti tak dibayarkan gajinya selama tujuh bulan berturut-turut. “Tidaklah semua gaji karyawan (PT Inti) itu selama tujuh bulan tidak dibayar, ada yang dibayar mungkin sedikit, artinya tidak full setiap bulannya,” ujar Arya. (kompas.com/ Yoga Sukmana)

Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved