Breaking News:

Jumlah Insentif dari Pemerintah Bisa Sampai Rp 200 Juta! Ini Penerimanya

Peserta yang bisa mengikuti proses seleksi BIP tahun 2020 diharuskan memilih salah satu dari dua kategori berdasarkan kondisi persyaratan dan kriteria

TRIBUNJABAR.ID - UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) bisa mendapat bantuan permodalan.

Permodalan itu melalui dana bantuan insentif pemerintah (BIP) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan dana Program Kemitraan Pertamina.

Pada tahun ini pemerintah akan menyalurkan bantuan Rp 24 miliar.

Asisten Deputi Bidang Akses Permodalan dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Suparman, mengatakan bantuan itu untuk enam subsektor ekonomi kreatif dan sektor pariwisata.

“Peserta yang bisa mengikuti proses seleksi BIP tahun 2020 diharuskan memilih salah satu dari dua kategori berdasarkan kondisi persyaratan dan kriteria usaha, yaitu reguler dan afirmatif," katanya dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (3/9/2020).

Kriteria reguler akan mendapatkan bantuan maksimal Rp 200 juta dan jenis afirmatif maksimal Rp 100 juta.

Menurut Suparman, tujuan dari program bantuan ini untuk penambahan modal kerja atau investasi dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha dan produksi pelaku usaha ekonomi kreatif dan pariwisata.

Program BIP ini, ujar Suparman, telah dimulai sejak 2017 dan diberikan kepada 34 penerima, 19 di antaranya berasal dari sektor kuliner dan 15 sektor aplikasi digital.

Kemudian, penerima BIP tahun 2018 meningkat, yaitu diberikan kepada 52 sektor penerima yang terdiri atas 14 sektor kuliner dan 12 sektor aplikasi digital dan pengembangan game (AGD), 13 sektor fesyen, dan 13 sektor kriya.

Pada 2019 diberikan kepada 62 penerima sektor kuliner, AGD, fesyen, kriya, dan film.

Halaman
12
Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved