Kim Jong Un Koma, Calon Penggantimnya Ternyata Bukan Adiknya, Tapi Pamannya, Benarkah?

Calon pengganti Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, ternyata muncul rumor terbaru bukan kepada adiknya, Kim Yo Jong, melainkan akan diganti pamannya

Editor: Dedy Herdiana
news.sky.com
Adik perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong akan melakukan debut pertamanya dalam menapaki dunia politik. 

TRIBUNJABAR.ID - Calon pengganti Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, ternyata muncul rumor terbaru bukan kepada adiknya, Kim Yo Jong, melainkan akan diambil alih pamannya, Kim Pyong II.

Dikutip Tribunjabar.id dari Kompas.com, paman Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Pyong II, disebut bakal mengambil alih kepemimpinan setelah keponakannya dirumorkan koma.

Pada tahun ini, Kim begitu jarang tampil di depan publik, ketika sejak April berbagai macam rumor mengenai kondisi kesehatannya bermunculan.

Daily NK yang mengutip sumber di intelijen Korea Selatan melaporkan, Kim Pyong Il yang merupakan saudara tiri Kim Jong Il akan meneruskan kekuasaan.

Pria 65 tahun itu diketahui merupakan segelintir anak dari pendiri Korea Utara, Kim Il Sung, yang masih hidup pada saat ini.

Dilansir The Sun, Senin (24/8/2020), Kim Pyong II dikirim menjadi duta besar di sejumlah negara setelah Kim Jong Il menjadi pemimpin tertinggi.

Diketahui, paman Kim Jong Un itu menjadi perwakilan Korut selama empat dekade di negara seperti Finlandia, Polandia, dan Republik Ceko sebelum kembali pada 2019.

HEBOH Ada Swab Test di SDN Garuda Dadali Kota Bandung, Ternyata Hoax, Ini Faktanya

Kabar tersebut muncul setelah eks pejabat Korea Selatan, Chang Song-min, pertama kali melontarkan klaim bahwa Kim Jong Un koma.

Bahkan, pejabat pada era Presiden Kim Dae-jung itu menyatakan bahwa adik Kim, Kim Yo Jong, yang bakal menggantikan kakaknya.

"Saya meyakini saat ini dia berada dalam keadaan koma. Namun jelas, hidupnya untuk sementara ini belum berakhir," kata Chang kepada media lokal.

Sejumlah kalangan menyebut klaim Chang itu "absurd", dan pakar Korut meyakini bahwa pergantian kekuasaan ke adik Kim tak akan semulus yang terjadi.

Thae Yong Ho, mantan Wakil Duta Besar Korut untuk Inggris sebelum membelot pada 2016 berujar, Kim Pyong II jelas adalah kandidat terkuat.

Selain karena dia merupakan salah satu keturunan langsung dati Kim Il Sung, fakta tak terbantahkan lain adalah sang paman adalah pria.

Para petinggi Korea Utara yang begitu konservatif jelas tidak akan menyerahkan kekuasaan kepada Kim Yo Jong begitu saja.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved