Breaking News:

TNI AU Upgrade Kemampuan SDM Pasis Hadapi Kemajuan IT, Pasis Seskoau Angkatan Ke-57 Gelar Lokakarya

Seskoau terus berupaya kembangkan kemampuan para personelnya untuk beradaptasi dengan kemajuan sistem teknologi informasi (IT) yang terus berkembang

Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Seorang Pasis Seskoau sedang mencoba alat simulasi penerbangan dalam lokakarya Pasis Angkatan ke-57 yang digelar Seskoau, Kamis (6/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) terus berupaya mengembangkan kemampuan para personelnya untuk beradaptasi dengan kemajuan sistem teknologi informasi (IT) yang terus berkembang, khususnya di dunia angkatan udara.

Dalam upaya mengenal teknologi pengelolaan informasi dan komunikasi, Pasis (Perwira Siswa) Seskoau Angkatan Ke-57 mengadakan lokakarya dengan mengundang sejumlah narasumber terkait industri kedirgantaraan di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang. Kamis (6/8/2020).

Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya MTr (Han) yang mewakili Danseskoau, Marsda TNI Samsul Rizal, SIP MTr (Han), menyebutkan bahwa dalam lokakarya yang bertemakan ”Peningkatan Teknologi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi dalam lndustri Kedirgantaraan bagi Personel TNI Angkatan Udara", terdapat hal-hal yang sangat menarik mengingat saat ini cukup banyak pihak swasta dan BUMN yang mampu mendukung dan mengembangkan teknologi pendukung alutsista TNI.

Inilah Penampakan Buaya Raksasa Ompong, Mangsa 2 Warga, Panjang 4,8 Meter dan Usianya 112 Tahun

"Saat ini beberapa perusahaan, baik BUMN maupun swasta, telah mengembangkan kemampuan guna mendukung penelitian, pengembangan dan produksi peralatan avionik untuk pesawat militer dan komersil," ujar Jemi Trisonjaya di sela acara.

Menurut Jemi, hal ini sangat memberikan banyak manfaat untuk mendukung peningkatan SDM para Pasis Seskoau.

Peningkatan SDM ini sesuai dengan program pemerintah serta arahan Kepala Staf TNI AU bagaimana menyiapkan SDM yang unggul.

"Sebagai lembaga pengembangan umum di TNI AU, Seskoau memiliki tugas menyiapkan para perwira dalam mendukung dan menjalankan tugas ke depan di satuan masing-masing," kata Jemi.

Lokakarya yang melibatkan PT Wahana Kreasi dan Infoglobal, kata Jemi, akan dapat membantu meningkatkan wawasan para siswa jangka pendek dan jangka panjang yang ujung-ujungnya akan mendukung tugas-tugas di kesatuan masing-masing, terlebih ini terkait dengan teknologi informasi, khsusunya di lingkungan TNI AU.

6 Tempat di Bandung Siap Uji Klinis Vaksin Covid-19, Simulasi di Unpad, Berikut Tahapan bagi Relawan

Untuk mendukung upaya ini, bahkan terdapat sebuah alat Simulator penerbangan untuk mendukung bagaimana perwira mengembangkan dan membangun sistem teknologi dan informasi yang terus berkembang sebagaimana dikembangkan pihak swasta dalam hal ini PT Wahana Kreasi dan Infoglobal.

"Mereka sangat mendukung TNI AU, menyediakan simulator, dan bahkan siap mendukung perbaikan alutsista yang kira-kira tidak bisa dilaksanakan TNI AU. Kami juga mengucapkan terima kasih karena kehadiran mereka tentunya menambah wawasan dan pengetahuan para Pasis di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya mengenai kedirgantaraan,” katanya.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan serta adaptasi kebiasaan baru diikuti peserta terbatas dalam Bangsal Srutasala dan diadakan secara daring ini, para Pasis juga diharapkan dapat menyampaikan pemikiran, ide, gagasan yang kreatif dan inovatif sesuai dengan tema yang telah ditetapkan.

"Sehingga nantinya Pasis dapat menyusun naskah laporan sebagai sumbangan pemikiran bemilai strategis dari Pasis Seskoau Angkatan ke-57 kepada pimpinan TNI AU dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan pemanfaatan teknologi pengelolaan infomasi dan komunikasi dalam industri kedirgantaraan," harapnya. (kemal setia permana)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved