Breaking News:

Terkait Sekolah Tatap Muka, Bupati Sumedang Mengaku Masih Butuh Persiapan

Menurutnya, untuk menyiapkan kebijakan dari Pemprov Jabar itu pihaknya masih harus mengkaji kecamatan mana saja yang masuk zona hijau

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Dony Ahmad Munir, Bupati Sumedang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengaku masih butuh persiapan untuk mengizinkan kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah khusus untuk di kecamatan yang masuk zona hijau.

Menurutnya, untuk menyiapkan kebijakan dari Pemprov Jabar itu pihaknya masih harus mengkaji kecamatan mana saja yang masuk zona hijau, kajian protokol kesehatan dan aturan untuk guru yang tinggal di zona merah.

"Untuk menghadapi itu (KBM di sekolah) perlu waktu untuk kami melakukan persiapan," ujarnya saat ditemui di Gedung Negara, Kabupaten Sumedang, Rabu (29/7/2020) petang.

Dony mengatakan, terkait guru dari kecamatan yang masuk zona merah kemungkinan tidak akan diizinkan untuk mengajar, sehingga terkait hal ini memang perlu dilakukan kajian yang matang.

"Kemudian muridnya, karena bisa saja kan muridnya silang, sekolah di zona hijau tapi tinggal di kecamatan yang masuk zona itu (merah)," kata Dony.

Terkait hal ini, pihaknya juga akan melakukan kajian secara teknis melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang yang nantinya akan berkoordinasi dengan Pemprov Jabar.

Namun, terkait KBM tatap muka di sekolah ini, pihaknya akan melakukan kajian mulai dari tingkat PAUD hingga SMP karena untuk SMA/SMK merupakan kebijakan provinsi.

"Makanya tahapan kebijakan ini akan dimulai dari SMA/SMK dulu yang kewenangannya ada di provinsi. Jadi, secara teknis kami akan komunikasikan persiapannya oleh dinas terkait dengan provinsi," ucapnya.

Kendati demikian, Dony memastikan akan siap menindaklunjuti kebijakan dari Pemprov Jabar tersebut, sehingga saat ini pihaknya langsung mengkaji kecamatan mana saja yang masuk zona hijau.

"Akan dikoordinasikan dulu, seperti apa prakteknya nanti, SOP-nya dan bagaimana aturan mainnya. Tapi yang jelas kami sudah siap menindaklanjuti berkaitan dengan sekolah bisa buka di zona hijau," kata Dony.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved