Iduladha Harus Menjadi Momen Tunjukkan Solidaritas Berbagi, Khususnya kepada yang Kurang Mampu

MUI Jawa Barat menyarankan umat muslim yang berkurban di momen Iduladha agar dapat menyalurkannya kepada warga lebih membutuhkan.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi - MUI Jabar meminta agar Iduladha menjadi momen untuk bersedekah. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menyarankan umat muslim yang berkurban di momen Iduladha agar dapat menyalurkannya kepada warga lebih membutuhkan.

Sekretaris MUI Jawa Barat, Rafani Achyar, menyatakan sasaran utama bisa kelompok yang kekurangan. Terutama yang terkena dampak pagebluk Covid-19.

"Yang terpenting nanti hewan kurban bisa tepat sasaran kepada terkena dampak. Baik di desa maupun kota," ujar Rafani kepada Tribun via ponselnya.

Menurutnya, pada saat pandemi Covid-19 semestinya dimanfaatkan oleh umat muslim untuk menunjukkan jiwa sosial dan solidaritas yang tinggi.

"Misalnya dalam sebuah tubuh ada yang sakit maka otomatis bagian yang lain turut merasakan," katanya.

Sehingga, momentum Iduladha, Jumat (31/7/2020), harus dijadikan ajang membantu mereka yang kesulitan akibat  pandemi virus corona. Termasuk kepada masyarakat ekonomi ke bawah.

"Rasa sosial harus muncul, menolong, empati dari yang punya kepada terdampak. Mari umat buktikan itu. Disitu nanti terlihat umat islam itu bersaudaranya," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengimbau bagi pihak yang berlebih jika berkenan disertai juga dengan bersedekah. (*)

Penulis: Ery Chandra
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved