Breaking News:

Apakah Dosa Mengucap Selamat di Hari Raya Idul Adha? Ini Penjelasan soal Hukumnya

Bagaimana hukum mengucap selamat di hari raya termasuk Hari Raya Idul Adha? Apakah dosa?

Tribunnews
ilustrasi idul adha 

TRIBUNJABAR.ID - Di saat Hari Raya Idul Adha, beberapa umat muslim memberikan ucapan selamat yang berisi pemintaan maaf dan doa.

Ucapan tersebut dikirim dan diucapkan kepada orang terdekat.

Bagaimana hukum mengucap selamat di hari raya termasuk Hari Raya Idul Adha? Apakah dosa?

Mengutip dari rumaysho.com dalam artikel Ucapan Selamat di Hari Raya yang ditulis oleh Muhammad Abduh Tuasikal, mengucap selamat tidak dosa dan tidak wajib dilakukan.

Berbagai riwayat dari beberapa sahabat radhiyallahu ‘anhum bahwa mereka biasa mengucapkan selamat di hari raya di antara mereka dengan ucapan “Taqobbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن .

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.[1]

Imam Ahmad rahimahullah berkata,

وَلَا بَأْسَ أَنْ يَقُولَ الرَّجُل لِلرَّجُلِ يَوْمَ الْعِيدِ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك

“Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya ‘ied mengucapkan: Taqobbalallahu minna wa minka.”

Halaman
1234
Penulis: Fidya Alifa Puspafirdausi
Editor: Widia Lestari
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved