Breaking News:

Pakai Diskresi, Polisi Bisa Beri Sanksi kepada Warga yang Tak Pakai Masker dalam Operas Lodaya

Operasi Lodaya Protokol Kesehatan akan digelar Polda Jabar pada pekan depan.

Tribunjabar/Mega Nugraha
Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -Operasi Lodaya Protokol Kesehatan akan digelar Polda Jabar pada pekan depan.

Operasi Lodaya, seperti yang sudah digelar pada tahun-tahun lalu, berkaitan dengan operasi keselamatan berlalu lintas di jalan raya. Namun kali ini, digelar bersamaan dengan pandemi Covid-19.

"Prinsipnya Operasi Lodaya ini berkaitan dengan keselamatan lalu lintas di jalan raya, sama seperti sebelumnya. Cuma sekarang ada penerapan protokol kesehatan," ujar Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo, via ponselnya, Kamis (16/7/2020).

Dalam Operasi Lodaya, polisi akan memastikan para pengguna jalan mematuhi aturan lalu lintas sebagaimana diatur di Undang-undang Lalu lintas Angkutan Jalan. Pelanggaran terhadap aturan itu dikenakan sejumlah sanksi.

FOLLOW US:

"Dalam pelaksanaannya nanti, di samping mengecek keselamatan berkendara seperti diatur di Undang-undang Lalu lintas, juga diimbau mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Berkaitan dengan kolaborasi Operasi Lodaya dengan protokol kesehatan, kata dia, masih dibahas dalam persiapan pelaksanaan operasi.

Hanya saja, gambaran pelaksanaan nanti memastikan warga harus memakai masker.

"Intinya seperti itu. Untuk sanksi lalu lintas, mengacu ke Undang-undang Lalu lintas. Untuk protokol kesehatan, nanti kami lihat dasar aturannya dari gubernur," kata dia.

Alat Tes Swab Patah di Rongga Hidung, Seorang Anak di Arab Saudi Meninggal Dunia

Melihat kewenangan polisi yang diatur di Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian, khususnya pasal 18 ayat 1w polisi punya kewenangan diskresi. Kewenangan itu yakni, untuk kepentingan umum pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya dapat bertindak menurut penilaiannya sendiri.‎

Di Pasal 18 ayat 2, diskresi bisa dilakukan dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan, kode etik Polri.

Divonis 4 Tahun Penjara, Adik Ratu Atut Jalani Hukuman Setelah Selesai Dipindana Kasus Akil Mochtar

Artinya, dengan diskresi, polisi bisa memberi sanksi apa pun kepada warga dalam Operasi Lodaya jika tidak melaksanakan protokol kesehatan. Selama sanksi yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan.

Putra Presiden Jokowi Disebut Terima Rekomendasi Bertarung di Pilkada Solo: Saya Mohon Doanya

"Ya, bisa juga, tapi itu akan melihat situasi kondisinya bagaimana dan tergantung nanti dalam praoperasi," ujar Bayu. (*)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved