Virus Corona di Jabar

Jenderal Andika Perkasa Jelaskan Ribuan Siswa Secapa TNI AD Kena Covid-19, Awalanya Mengeluh Bisul

Secara singkat, Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan kronologis awal ribuan orang di lingkungan Secapa AD yang terpapar positif corona.

Kolase Tribun Jabar (Tribunnews dan Instagram/tni_angkatan_darat)
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa jelaskan kronologi siswa Secapa TNI AD terinfeksi Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunJabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Secara singkat, Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan kronologis awal ribuan orang di lingkungan Secapa AD yang terpapar positif virus corona.

"Laporan ini ada dua minggu yang lalu, saya menerima laporan dari Komandan Secapa TNI AD. Diawali ketidaksengajaan dua orang Pasis (Perwira Siswa) yang berobat ke Rumah Sakit Dustira karena keluhan infeksi bisul dan satu lagi ada keluhan pada tulang belakang, keduanya di-swab dan dinyatakan positif corona," kata Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Makodam III/Siliwangi, Sabtu (11/7/2020).

Setelah ditemukannya dua orang Pasis yang positif corona, KSAD langsung memberikan bantuan beruoa 1.250 alat rapid tes.

Kondisi Terkini di Secapa TNI AD Bandung, Aktivitas Normal, Masuk Ada Akses Keluar dan Masuk

Total siswa Secapa TNI AD ialah 1.198 orang, kelebihan jumlah alat rapid tes diperuntukkan untuk pelatih dan staf yang tentunya memiliki kontak langsung dengan siswa.

Hasil rapid tes tersebut, ditemukan 187 orang yang reaktif. Kemudian dilakukan swab tes untuk meyakinkan kondisi kesehatannya.

"Jumlah orang yang sempat dirawat di rumah sakit pada saat itu, ada 30 orang, beberapa kategori ringan. Dari 30 orang itu, per hari ini sisa 17 orang lagi yang dirawat di rumah sakit Dustira. Rinciannya 16 orang positif tanpa gejala dan 1 orang sudah negatif namun masih dirawat karena masalah TBC Paru," katanya.

Saat menggelar konferensi pers di Makodam III/Siliwangi, Sabtu (11/7/2020) KSAD menjelaskan informasi terkini, bahwa masih ada 296 orang yang menunggu hasil swab yang kedua kalinya.

Warga Sekitar Secapa AD Takut Dikarantina 14 Hari, Baru 28 Warga yang Sudah Swab Test

"Jika ada yang sudah negatif, maka masih dikembalikan ke Secapa TNI AD, kami sudah menyiapkan tempat yang terpisah, namun masih di lingkungan Secapa," katanya.

Saat berkunjung ke Secapa AD (11/7/2020), KSAD mengaku memberikan motivasi langsung kepada penghuni Secapa TNI AD yang terpapar virus corona.

Ia meminta agar sesama prajurit saling memberikan semangat agar bisa sembuh.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved