Breaking News:

Doa Harian

3 Keutamaan Salat Tahajud, Amalan yang Tak Pernah Ditinggal Rasulullah, Mujarab Antarkan Doa

Amalan sunah salat Tahajud ini adalah amalan shalat yang disebut langsung oleh Allah SWT di dalam Al Quran yang diperintahkan kepada Nabi Muhammad SAW

Penulis: Kisdiantoro | Editor: Kisdiantoro
Tribunjabar.id/Gani Kurniawan
Tata cara shalat Tahajud, lengkap dengan bacaan niat dan doa yang dibaca Rasulullah Muhammad SAW. 

TRIBUNJABAR.ID – Mengerjakan salat Tahajud tidaklah mudah. Karena tidak mudah itulah, salat Tahajud memiliki keutamaan atau fadilah yang amat besar, baik pahala maupun pertolongan langsung dari Allah SWT.

Amalan sunah salat Tahajud ini adalah amalan shalat yang disebut langsung oleh Allah SWT di dalam Al Quran yang diperintahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dikerjakan setelah di waktu sepertiga malam, setelah salat Isya dan tidur.

Artinya, jika umat Islam mampu secara konsisten mengerjakan amalan salat Tahujud, maka dia berhasil mengerjakan amalan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Amalan salat Tahajud ini juga tak pernah ditinggalkan oleh pada sabahat Rasulullah Muhammad SAW.

Allah Ta’ala berfirman di dalam Surat Al Isra ayat ke-17 yang menyebut perintah salat Tahajud:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. Dan katakanlah (Muhammad), “Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku)”. (QS Al-Isra [17]: 79-80).

Tata Cara Sholat Tahajud, Bacaan Niat, Hingga Doa yang Biasa Dicaba Rasulullah Muhammad SAW

Dari ayat ini ada kalimat Maqaman mahmudah yang berarti tempat terpuji.

Para ulama menafsirkan bahwa kalimat ini adalah tempatnya Rasulullah Muhammad SAW, yang kelak akan memberikan syafaat atau pertolongan kepada umat manusia.

Dala banyak keterangan, para nabi tak mampu memberikan pertolongan kepada umat manusia ketika manusia dikumpulkan di padang masyar menunggu pengadilan Allah SWT.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved