Breaking News:

Masuk AKB, Bisnis Hotel di Jabar Mulai Merangkak, Bergerak Naik

Memasuki masa AKB, bisnis hotel di Jabar mulai merangkak. Bergerak naik.

Tribun Jabar/Putri Puspita Nilawati
Seorang tamu The Trans Luxury Hotel diperiksa suhu tubuhnya saat akan memasuki hotel. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bisnis perhotelan di Jawa Barat (Jabar) sedang berjibaku dan merangkak untuk kembali memutar roda perekonomian setelah tiga bulan terakhir kebanyakan tutup untuk menghindari penularan Covid-19.

Ketua PHRI Jabar Herman Muchtar mengatakan, Pemprov Jabar sudah mencabut pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) skala Jabar.

Pascapencabutan itu, diakuinya langsung ada peningkatan.

"Setelah diumumkan pada 26 Juni (pencabutan PSBB) langsung ada peningkatan karena saat itu sudah masuk akhir pekan. Tapi setelah itu menurun lagi. Tapi memang, secara umum ada peningkatan," ujar Herman Muchtar saat dihubungi via ponselnya, Jumat (3/7/2020).

Untuk kembali menggerakkan bisnis perhotelan, saat ini ada program seperti Smiling West Java Great Sale hingga Bandung Great Sale.

"Nah itu kami harapkan bisa membantu menggerakkan kembali roda perekonomian khususnya di bisnis perhotelan. Supaya orang itu pada tahu di Bandung ini sudah siap. Kecuali untuk Bodebek ya, karena di sana masih berlaku protokol Covid-19," ujarnya.

Untuk tahap awal agar bisnis perhotelan kembali bergerak, pihaknya menargetkan agar okupansi meningkat hingga maksimal 15 persen setelah selama pandemi Covid 19 okupansinya turun drastis hingga menyentuh di bawah 5 persen.

"Kalau kami menargetkan sampai Juli, 10-15 persen okupansi hotel. ‎Kemudian Agustus hingga akhir tahun, kami menargetkan 30-35 persen okupansi," ujar Herman.

Ia menerangkan soal analisis bisnis perhotelan saat ini di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) di tengah Covid 19. Kata dia, setiap akhir pekan, ‎okupansi hotel memang kerap meningkat.

"Okupansi hotel kalau di akhir pekan itu bagus, sampai 40 persen. Tapi kalau hari biasa menurun lagi. Terutama di Bogor, Cirebon sampai Subang. Untuk Bandung Raya belum merata semua," ucap Herman.

Saat ini, pihak hotel memberikan banyak diskon bagi para tamu.

Bahkan, di Traveloka, sempat memberikan flash sale hotel hingga 50 persen belum lama ini.

"Untuk hotel diskon memang saat ini diberikan ya oleh hotel. Rata-rata sampai 30 persen dan restoran 10 persen. Kami bekerja sama dengan Traveloka, tiket.com dan lain-lain," ujarnya.

Purwakarta Masuk Zona Biru Penanganan Covid-19, Rekomendasi Seluruh Obyek Wisata Sudah Dikeluarkan

Penulis: Mega Nugraha
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved