Breaking News:

VIDEO Ada Pedagang di Pasar Tanjungsari yang Takut Swab Test, Target 50 Akhirnya Baru 20 Orang

Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang menggelar swab test kepada sejumlah pedagang di Pasar Tanjungsari

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang menggelar swab test kepada sejumlah pedagang di Pasar Tanjungsari, Kabupaten Sumedang karena mereka termasuk orang yang rentan terpapar Covid-19.

Pelaksanaan swab test yang digelar, pada Senin (15/6/2020) di sekitar Pasar Tanjungsari itu dihadiri puluhan pedagang dan dipantau langsung oleh pihak kecamatan dan petugas dari Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Dadang Sulaeman mengatakan, swab test bagi para pedagang tersebut dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di tempat umum saat pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Saat ini penyebaran Covid-19 yang paling tinggi adalah pasar ya. Untuk sementara kita melakukan swab test di Pasar Tanjungsari," ujarnya saat meninjau pelaksanaan swab test di Pasar Tanjungsari.

Dua Bulan Tutup, Kini The Kings Shopping Centre Dibuka, Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Setelah di Pasar Tanjungsari, kata Dadang, pelaksanaan swab test tersebut akan dilaksanakan di pasar-pasar lain yang ada di semua wilayah Kabupaten Sumedang.

"Untuk sementara kita menargetkan sampel untuk 50 orang dan untuk alatnya kita sudah siapkan 75 alat," katanya.

Camat Tanjungsari, Ida Farida mengatakan, dilakukannya swab test terhadap pedagang di Pasar Tanjungsari itu karena mereka memang rentan terpapar Covid-19 karena kerap kontak langsung dengan para pembeli.

"Selain itu, swab test disaat new normal ini untuk melihat apakah semua pedagang pasar ini sehat atau ada yang terpapar Covid-19," ucapnya.

Pilot Pesawat Tempur TNI AU Jatuh ke Semak-semak, Ditolong Warga, Begini Kondisinya

Ia mengatakan, untuk pedagang yang menjalani swab test kali ini ditargetkan bisa mencapai 50 orang, sedangkan hingga siang hari baru mencapai 20 orang saja.

"Karena kelihatannya ada pedagang yang takut, padahal itu untuk menjaga keamanan karena dia (pedagang) setiap hari selalu kontak dengan masyarakat," kata Ida.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Ada Pedagang di Pasar Tanjungsari yang Takut Swab Test, Target 50 Akhirnya Baru 20 Orang, https://jabar.tribunnews.com/2020/06/15/ada-pedagang-di-pasar-tanjungsari-yang-takut-swab-test-target-50-akhirnya-baru-20-orang.
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Video Editor: Wahyudi Utomo

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved