Breaking News:

Komunitas Hong di Jalan Bukit Pakar Utara, Tempat Bermain dan Belajar Permainan Tradisional

Komunitas Hong terbentuk pada 2005. Komunitas ini memiliki tempat di Jalan Bukit Pakar Utara No.26, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. D

Istimewa/Komunitas Hong
Kegiatan Komunitas Hong di Pakarangan Ulin di Jalan Bukit Pakar Utara No.26, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Foto ini diambil sebelum ada pandemi virus corona. 

TRIBUNJABAR.ID - Komunitas Hong terbentuk pada 2005. Komunitas ini memiliki tempat di Jalan Bukit Pakar Utara No.26, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Di sana, komunitas ini memiliki pakarangan ulin (pekarangan bermain) yangmerupakan tempat bermain dan  belajar permainan tradisional.

Namun, untuk sementara karena pandemi Covid-19. Kalau yang tertarik mau berkunjung bisa menunggu sampai keadaan normal kembali.

Di pekarangan itulah para pengunjung bisa menikmati berbagai permainan tradisional. Ada ratusan jenis permainan tradisional yang tersedia dan berasal dari seluruh Jawa Barat.

Dari ratusan permainan itu, di antaranya ada egrang, congklak, perepet jengkol, ngadu kaleci (kelereng), dan boy-boyan.

Untuk menikmati permainan tersebut pengunjung harus registrasi Rp 50.000 per orang.

Pengunjung harus datang berombongan, minimal 60 peserta, dan wajib reservasi terlebih dulu di website dan instagram.

"Dengan membayar Rp 50.000, pengunjung sudah mendapat paket lengkap. Mulai dari workshop permainan, bermain bersama, mini olimpiade permainan, terus dapat mainan satu, dan semua hasil workshop bisa dibawa pulang," kata pendiri Komunitas Hong, Zaini Alif.

Tadinya, menurut Zaini, untuk menikmati fasilitas di pakarangan ulin Komunitas Hong, pengunjung tidak membayar.

Namun, katanya, ternyata saat pengunjung bermain dibutuhkan material.

"Materialnya itu harus mengambil jauh dan butuh biaya. Setelah dihitung-hitung, butuh bayaran. Maka, sejak itu, dikenakan ongkos masuk untuk para pengunjung," kata Zaini.

Halaman
1234
Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved