860 Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Sumedang Gagal Berangkat Tahun Ini, Diminta Sabar dan Ikhlas

Sedikitnya 860 calon jemaah haji asal Kabupaten Sumedang dipastikan gagal berangkat ke tanah suci

tribunjabar/hilman kamaludin
Kantor Kemenag Kabupaten Sumedang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Sedikitnya 860 calon jemaah haji asal Kabupaten Sumedang dipastikan gagal berangkat ke tanah suci pada tahun ini akibat adanya pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum mereda.

Pembatalan keberangkatan calon jemaah haji tersebut setelah adanya Keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 Tahun 2020, tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M.

Berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumedang, total calon jemaah haji yang gagal berangkat haji tahun ini jumlahnya mencapai 860 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) An-Nuur 151 orang, Asy-Syifaa Wal Mahmuudiyyah 178, Bina Insan Ardli Sela 198, Intania 74, Jemaah Mandiri 23, Multazam 188, Jemaah Persis 44, Jemaah mutasi keluar 8 dan 2 orang penambahan kuota.

Pemuda Ini Di-PHK, Dapat Bantuan Covid-19 tapi Duitnya Disunat di Satu Ruangan Tanpa Penjelasan

"Jumlah keseluruhan jemaah haji yang gagal berangkat asal Sumedang sebanyak 860 orang," ujar Kepala Seksi Haji dan Umroh, Kemenag Sumedang, Aziz Kawakibi saat ditemui di kantornya, Rabu (3/6/2020).

Aziz mengatakan, sesuai keputusan Menteri Agama, bagi jemaah haji yang gagal berangkat pada tahun ini dipastikan akan berangkat pada tahun 2021. Terkait hal ini pihaknya sudah menyampaikan ke semua KBIH di kabupaten Sumedang.

"Kami sudah sampaikan ke KBIH untuk menyampaikan ke jemaahnya, tetap sabar dan ikhlas dengan keputusan yang diambil pemerintah bahwa keberangkatan haji ditunda untuk tahun sekarang," ucapnya.

Terkait adanya pembatalan keberangkatan haji ini, pihaknya belum bisa memastikan adanya keluhan dari para jemaah haji, karena Kemenag Sumedang hingga saat ini baru berkoordinasi dengan KBIH.

Novel Baswedan Dapat Pujian, Meski Mata Dirampok, Mata Batinnya Keren, Sukses Sikat Nurhadi & Istri

"Kami baru mengumpulkan KBIH saja karena yang punya jemaah itu kan KBIH. Jadi saya berharap mereka bisa meyakinkan bahwa jemaah yang tidak berangkat tahun ini, bisa berangkat tahun depan," kata Aziz.

Atas hal tersebut, pihaknya juga berharap pada tahun depan pandemi Covid-19 bisa benar-benar mereda, agar ratusan jemaah haji yang gagal berangkat tahun ini bisa berangkat pada tahun depan.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved