New Normal di Jabar

Masjid Agung Kota Tasikmalaya Bisa Digunakan Lagi untuk Akad Nikah, tapi Ada Syaratnya

Selama ini Masjid Agung Kota Tasikmalaya juga sering digunakan warga untuk tempat akad nikah.

Tribun Jabar/Firman Suryaman
Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, masuk Masjid Agung melewati bilik disinfektan, untuk monitoring kesiapan pembukaan kembali salat Jumat, sekalian melaksanakan salat Zuhur berjamaah, Minggu (31/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Masjid Agung Kota Tasikmalaya sudah boleh digunakan lagi untuk shalat.

Selain dibuka untuk solat Jumat dan solat berjamaah, Masjid Agung Kota Tasikmalaya juga sudah bisa digunakan lagi sebagai tempat akad nikah.

"Sesuai dengan penerapan AKB (adaptasi kebiasaan baru, Red) dan masih dalam konteks PSBB (pembatasan sosial berskala besar, Red), kegiatan di Masjid Agung sudah dibuka lagi. Hanya saja kapasitasnya dibatasi hanya 20 persen dari total kapasitas," kata pengurus harian DKM Masjid Agung yang juga Sekretaris MUI Kota, KH Aminuddin Bustomi, di Masjid Agung, Minggu (31/5).

Pembatasan hanya 20 persen dari total kapasitas, kata KH Aminuddin, mengikuti prinsip jaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan cegah Covid-19.

"Jadi kalau ada akad nikah lagi di sini (Masjid Agung, Red), jumlahnya dibatasi maksimal 20 persen dari total kapasitas Masjid Agung," ujar KH Aminuddin.

Selama ini Masjid Agung Kota Tasikmalaya juga sering digunakan warga untuk tempat akad nikah.

"Alasannya, ingin lebih khusyu saat melaksanakan ijab kabul pernikahan karena berada di rumah Allah," ujar KH Aminuddin.

Jika ke depan ada sepasang calon pengantin ingin akad nikah di Masjid Agung, jumlah hadirin yang masuk mau tidak mau harus dibatasi.

Akad nikah yang dilaksanakan di Masjid Agung biasanya dilanjutkan dengan resepsi di Gedung Dakwah di seberang Masjid Agung. (firman suryaman)

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved